Development Of Jobsheet Development Of Digital Gamis Patterns In Class XII Clothing 1 At SMK Negeri 2 Jombang
Jobsheet merupakan suatu media cetak yang berisi pedoman dan gambar sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan pembelajaran praktik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) penempatan jobsheet yang sesuai dengan pembuatan pola gamis secara digital, dan 2) hasil belajar peserta didik pada pembuatan pola gamis secara digital di SMK Negeri 2 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri atas analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober hingga November 2020 di SMK Negeri 2 Jombang, tepatnya pada semester gasal tahun ajaran 2020/2021. Populasi sekaligus sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XII tata busana 1 sebanyak 25 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan 1)penilaian kelayakan oleh ahli materi dan ahli bahasa terhadap jobsheet pembuatan pola gamis secara digital, dan 2)tes kinerja pembuatan pola gamis secara digital. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi oleh ahli materi serta ahli bahasa dan tes kinerja peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan: 1) tingkat kelayakan jobsheet pembuatan pola gamis secara digital mencapai 93,7% dengan kriteria sangat layak, dan 2)hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan 100% yang melampaui kriteria ketuntasan yang berlaku, yaitu 70 pada kompetensi pembuatan pola gamis secara manual dan digital.
Kata Kunci: pembuatan-pola, digital, jobsheet.
Jobsheet is a printed media that contains a set of direction and pictures as a guideline for implementing practical learning activities. The purpose of this study to describe: 1) the level of feasibility of making a robe pattern digitally, and 2) the learning outcomes of students in making a robe pattern digitally using a job sheet at SMK Negeri 2 Jombang. This research is a development research with the ADDIE model consisting of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research was conducted from October to November 2020 at SMK Negeri 2 Jombang, precisely in the odd semester of the 2020/2021 academic year. The population as well as the sample of this study were students of class XII fashion 1 as many as 25 students. The data collection method used 1) a feasibility assessment by material experts and linguists on the jobsheet for making a robe pattern digitally, and 2) a performance test for making a pattern for a robe digitally. The instruments used in this study where validation questionnaires by material experts and linguists and students performance test. The data analysis technique used ia descriptive quantitative. The results of the study stated: 1) the feasibility level of the digital robe pattern making jobsheet reached 93.7% with very decent criteria, and 2) the learning outcomes of students reached 100% completeness which had exceeded the applicable completeness criteria, which was 70 in pattern-making competence robe manually and digitally.
Keywords: pattern-making, digital, jobsheet.