Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Aplikasi Book Creator Pada Mata Pelajaran Project Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI Akuntansi
Development of Interactive E-Books Based on the Book Creator Application in Creative Project and Entrepreneurship Subjects in Class XI Accounting
Pelaksanaan proses pembelajaran tentunya memerlukan sarana dan prasarana untuk mendukung pembelajaran yang lebih baik, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, media pembelajaran yang digunakan sebagai sumber belajar juga harus berkembang dan berinovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan e-book interaktif, menganalisis kelayakan e-book interaktif, menganalisis respon peserta didik terhadap penggunaan e-book interaktif, dan menganalisis efektivitas penggunaan e-book interaktif yang dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation dengan output e-book interaktif berbasis website. Instrument yang digunakan yaitu lembar telaah ahli, lembar validasi ahli, lembar telaah peserta didik, dan lembar respon peserta didik. Kemudian dilakukan implementasi pada kegiatan pembelajaran pada 32 peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya.
Hasil penelitian berdasarkan kelayakan menunjukan bahwa validasi dari ahli materi sebesar sebesar 86,46% dengan kategori sangat layak, validasi dari ahli Bahasa sebesar 94% dengan kategori sangat layak dan validasi dari ahli media sebesar 91,67% dengan kategori sangat layak. Sedangkan respon peserta didik pada SMK Negeri 4 Surabaya sebesar 98,32% dengan kategori sangat baik. Untuk efektifitas penggunaan media dapat disimpulkan bahwa terdapat berbedaan hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan e-book interaktif. Dapat disimpulkan bahwa e-book interaktif dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk menyajikan materi yang lainnya.
Kata Kunci: e-book interaktif, book creator, produk kreatif dan kewirausahaan, sekolah
The implementation of the learning process certainly requires facilities and infrastructure to support better learning, one of which is the use of learning media. Along with the development and advancement of technology, learning media used as learning resources must also develop and innovate. This study aims to describe the interactive e-book development process, analyse the feasibility of interactive e-books, analyse students' responses to the use of interactive e-books, and analyse the effectiveness of the use of interactive e-books developed.
This research uses the ADDIE development model which consists of Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation with a website-based interactive e-book output. The instruments used are expert review sheets, expert validation sheets, learner review sheets, and learner response sheets. Then the implementation was carried out in learning activities on 32 students of class XI Accounting SMK Negeri 4 Surabaya.
The results of the study based on feasibility show that validation from material experts is 86.46% with a very feasible category, validation from language experts is 94% with a very feasible category and validation from media experts is 91.67% with a very feasible category. While the response of students at SMK Negeri 4 Surabaya was 98.32% with a very good category. For the effectiveness of media use, it can be concluded that there are different learning outcomes before and after using interactive e-books. It can be concluded that interactive e-books can be used in learning activities. Future researchers are expected to present other materials.
Keyword : Interactive e-books, Book Creators, Creative Products and Entrepreneurship, school