Preventive Maintenance Mesin FBB Can Body Maker Dengan Metode RCM Di PT IMCP
Dengan semakin dibutuhkannya peningkatan kapasitas produksi maka semakin tinggi pula kebutuhan mesin – mesin yang digunakan, tentunya hal itu juga membuat kebutuhan perawatan mesin semakin bertambah besar. Pada PT. Indonesia Multi Colour Printing yang bergerak pada produksi pembuatan kaleng terdapat permasalahan pada kinerja mesin akibat kerusakan komponen, khususnya terkait dengan seringnya kerusakan yang terjadi pada mesin FBB Can Body Maker, hal tersebut mengakibatkan proses produksi terhenti (downtime) dimana mesin yang berhenti bekerja karena proses perbaikan mesin akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan.
Penelitian ini dibuat berdasarkan data maintenance kerusakan pada komponen mesin FBB Can Body Maker yang ada di PT. IMCP dan data downtime yang dibutuhkan untuk perbaikan mesin yang didapatkan melalui peninjauan langsung kinerja mesin FBB can body maker dan dari data maintenance mesin FBB can body maker yang ada pada line 1, line 2, dan line 3. Tujuan dilakukan penelitian yaitu dapat menentukan keandalan (reliability) komponen, menentukan interval waktu perawatan komponen dan tindakan perawatan yang dilakukan untuk mengurangi terjadinya kerusakan komponen. Untuk mengatasi masalah tersebut dalam penelitian ini menggunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM) dengan analisis serta perhitungan Failure Modes and Effect Analyze (FMEA) pada mesin FBB Can Body Maker yang ada di PT. IMCP. Metode RCM didefinisikan sebagai proses yang digunakan untuk menentukkan apa yang harus dilakukan untuk kegiatan perawatan mesin, sedangkan analisis FMEA yaitu metode yang berguna untuk mengidentifikasikan bentuk kegagalan tertinggi pada setiap kerusakan mesin yang terjadi. Setelah itu dilakukan perhitungan TTF dan TTR selanjutnya identifikasi pola distribusi yang sesuai untuk TTF dan TTR setelah itu dilakuan pengujian Pengujian goodness of fit test untuk TTF dan TTR sehingga dapat dilakukan perhitungan MTTF dan MTTR serta keandalan komponen (reliability) selain itu juga dilakukan perhitungan interval perawatan komponen yang optimal.
Dari hasil analisis dan perhitungan dapat diperoleh nilai keandalan komponen (reliability) mesin FBB Can Body Maker line 1 pada tiga komponen dengan nilai RPN tertinggi yaitu dok magazine dengan nilai RPN 141 memiliki keandalan sebesar 0.3658 atau 36.58 %, komponen welding dengan nilai RPN 130 memiliki nilai keandalan (reliability) sebesar 0.3174 atau 31.74 %, dan komponen forming dengan nilai RPN 126 memiliki nilai keandalan (reliability) sebesar 0.235 atau 23.5 %. Interval waktu perawatan komponen komponen dok magazine dengan keandalan 60% memiliki interval waktu perawatan (maintenance) selama 53.81 jam, komponen welding dengan keandalan 60% memiliki interval waktu perawatan (maintenance) selama 33.2 jam, dan komponen forming dengan keandalan 60% memiliki interval waktu perawatan (maintenance) selama 37.25 jam. Serta tindakan perawatan yang tepat pada komponen dok magazine dilakukan tindakan scheduled restoration task dan scheduled discard task, pada komponen welding dilakukan tindakan scheduled discard task dan pada komponen forming juga dilakukan tindakan scheduled discard task.
With the increasing need for an increase in production capacity, the higher the need for the machines used, of course it also makes the need for machine maintenance increase. At PT. Indonesia Multi Color Printing, which is engaged in the production of cans, has problems with machine performance due to component damage, especially related to the frequent damage that occurs to the FBB Can Body Maker machine, this causes the production process to stop (downtime) where the machine stops working due to the repair process machine will cause losses for the company.
This study was made based on maintenance data on damage to the components of the FBB Can Body Maker machine at PT. IMCP and downtime data needed for engine repair were obtained through direct review of the performance of the FBB can body maker machine and from the maintenance data of the FBB can body maker machine on line 1, line 2, and line 3. The purpose of this research is to determine reliability (reliability) components, determine the time interval for component maintenance and maintenance actions taken to reduce the occurrence of component damage. To overcome these problems in this study using the Reliability Centered Maintenance (RCM) method with analysis and calculation of Failure Modes and Effects Analyze (FMEA) on the FBB Can Body Maker machine at PT. IMCP. The RCM method is defined as a process used to determine what should be done for machine maintenance activities, while FMEA analysis is a useful method for identifying the highest form of failure for each machine breakdown that occurs. After that, the TTF and TTR calculations are carried out, then identify the appropriate distribution pattern for TTF and TTR. After that, the goodness of fit test is carried out for TTF and TTR so that MTTF and MTTR calculations can be carried out as well as component reliability (reliability) in addition to calculating maintenance intervals optimal components.
From the analysis and calculation results, it can be obtained that the reliability value of the FBB Can Body Maker line 1 machine on three components with the highest RPN value, namely the magazine dock with an RPN value of 141 has a reliability of 0.3658 or 36.58%, welding components with an RPN value of 130 have a value of reliability (reliability) of 0.3174 or 31.74%, and forming components with an RPN value of 126 have a reliability value of 0.235 or 23.5%. The maintenance time interval for magazine dock components with 60% reliability has a maintenance time interval of 53.81 hours, welding components with 60% reliability have a maintenance time interval of 33.2 hours, and forming components with 60% reliability have maintenance time intervals (maintenance) for 37.25 hours. As well as proper maintenance actions on the magazine dock components, scheduled restoration tasks and scheduled discard tasks are carried out, scheduled discard tasks are performed on welding components and scheduled discard tasks are also performed on forming components.