Redesain Logo Ekowisata Kampung Kerapu Situbondo
Logo Redesign Kampung Kerapu Ecotourism Situbondo
Kampung Kerapu merupakan destinasi ekowisata yang terletak di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo memiliki beberapa keunggulan dan keunikan antara lain lingkungan konservasi hutan bakau, dermaga melingkar dan budidaya keramba kerapu di ujung dermaga. Logo yang digunakan sebagai representasi identitas belum mencerminkan potensi yang dimiliki kampung kerapu. Berdasarkan hal ini kemudian dilakukan analisis logo yang digunakan, dan kemudian dilakukan redesain logo untuk menonjolkan citra kampung kerapu. Proses perancangan diawali dari penentuan konsep logo kemudian divisualisasikan melalui mood board untuk mendapatkan arahan visual kemudian dilanjutkan membuat visualisasi desain logo dan penerapan logo pada media promosi. Untuk mendukung konsistensi logo maka media promosi yang dibuat akan mengacu pada moodboard, logo dan palet warna yang telah dibuat. Redesain yang dilakukan mencakup logo dan pengaplikasian nya pada media promosinya. Hasil perancangan yang dilakukan menghasilkan logo yang sesuai dengan segmentasi audiens, dan 5 aspek logo yang baik yaitu Distinction (Pembeda), Relevance (Relevansi), Simplicity, (Simpel) Timeless (Kekal) dan Adaptivity (Adaptif). Juga dibuat hasil penerapan desain logo pada media promosi seperti poster, brosur, kartu nama, amplop dan x-banner.
Kampung Kerapu is an ecotourism destination located in Klatakan Village, Kendit District, Situbondo Regency. The logo, used as a representation of identity, does not reflect the potential of Kampung Kerapu. Based on this, an analysis of the logo used was carried out, and then a logo redesign was carried out to highlight the image of the Kampung Kerapu. The design process begins with determining the logo concept and then visualizing it through a mood board to get visual direction. Then it proceeds to visualize the logo design and apply the logo to promotional media. To support the consistency of the logo, the promotional media created will refer to the mood board, logo, and color palette that have been created. The redesign includes the logo and its application to the promotional media. The results of the design carried out produce a logo that is in accordance with audience segmentation and 5 aspects of a good logo, namely: Distinction, Relevance, Simplicity, Timeless and Adaptivity. Also made are the results of applying logo designs to promotional media such as posters, brochures, business cards, envelopes, and x-banners.