Pengaruh Media Kopeka terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
The Influence of Kopeka Media on Mathematics Learning Outcomes of Fourth Grade Elementary School Students
Penelitian yang dilakukan di SDN Tambakrejo I bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media Kopeka terhadap hasil belajar peserta didik dan seberapa besar pengaruh media Kopeka terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan bentuk desain Quasi Experimental Design menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian menggunakan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Sampel yang digunakan yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pre-test dan post-test. Hasil pre-test dan post-test diolah menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara media kopeka terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent t-test yaitu 0,00 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,4693 sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,6961 sehingga menunjukkan adanya peningkatan lebih tinggi pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Kopeka sangat membantu peserta didik dalam memahami permasalahan pada materi pelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Media Kopeka, Hasil Belajar, Matematika SD.
Research conducted at SDN Tambakrejo I aims to determine how the influence of Kopeka media on student learning outcomes and how much influence Kopeka media has on student learning outcomes. This research is an experimental research type with a Quasi Experimental Design using the Nonequivalent Control Group Design. The population in the study used is 4th grade students of Elementary School. The samples used were class IVA as the experimental class and class IVB as the control class. The data collection technique used the pre-test and post-test techniques. The results of the pre-test and post-test were processed using SPSS version 26. The results showed that there was a significant influence between Kopeka media on student learning outcomes. This is evidenced by the results of the independent t-test, are 0.00 <0.05, which means that Ho is rejected and Ha is accepted. The result of the N-Gain test in the control class was 0.4693 while the experimental class was 0.6961, so that it showed a higher increase in the experimental class than the control class. These results indicate that learning using Kopeka media is very helpful for students in understanding the problems in the subject matter and affects students learning outcomes.
Keywords: Kopeka Media, Learning Outcomes, Elementary School Mathematics.