PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS KEARIFAN BUDAYA LOKAL TRADISI MANGANAN UNTUK PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD
DEVELOPMENT OF TEXTBOOK BASED ON LOCAL CULTURAL WISDOM OF MANGANAN TRADITION FOR STRENGTHEN STUDENT CHARACTER EDUCATION for Social lesson IN elementary school
ABSTRAK
Yuliatin.2022. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Budaya Lokal Tradisi Mnganan Untuk Pnguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran IPS di SD. Program Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr Agus Suprijono, M.Si. dan (2) Pof. Dr. Muhammad Turhan Yani, MA .
Kata Kunci: buku ajar, kearifan budaya lokal tradisi manganan, karakter
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berbasis kearifan budaya lokal Tradisi Mnganan untuk penguatan Pendidikan karakter siswa kelas IV. Desain penelitian ini menerapakan model pengembangan 4-D (four D Models) yang dikembangkan oleh Thiagaraja. uji coba lapangan dengan desain one-group pretest-posttest
Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan tes. Observasi dilakukan untuk mengamati keterlaksanaan rancangan pembelajaran dengan menggunakan buku ajar serta aktivitas siswa selama pembelajaran. Angket digunakan ungtuk mengetahui respon siswa terhadap buku ajar, sedangkan tes untuk mengukur penguatan karakter siswa. Teknik analisis data untuk mengetahui kelayakan maupun kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan buku ajar secara deskriptif kualitatif dengan teknik presentase serta analisis infrensial melalui penghitungan n-gain
Adapun, hasil aspek kevalidan, produk buku ajar pada materi, 89% dan pada desain 88,33% maka dapat disimpulkan, bahwa produk tersebut layak digunakan. Aspek kepraktisan meliputi keterlaksanaan, pembelajaran oleh guru, dan siswa yang mencapai 92 % dan 87,5,% dengan kategori, terlaksana sangat baik.
Hasil aspek keefektifan menunjukkan, peningkatan karakter siswa yang semula 35% menjadi 89%. Penghitungan, Rata-rata ketuntasan belajar untuk peningkatan hasil belajar mencapai 84% dengan kategori, tinggi. Hal ini menunjukkan, bahwa terjadi perbedaan, signifikan terhadap, hasil belajar siswa setelah mengikuti, pembelajaran dengan menggunakan, buku ajar berbasis kearifan,budaya lokal Tradisi Manganan.
ABSTRACK
Yuliatin. 2022. Development of Textbooks Based on Local Cultural Wisdom, Handy Tradition for Strengthening Character Education in Social Studies Learning in Elementary Schools. Surabaya State University Postgraduate Basic Education Program. Advisors: (1) Dr Agus Suprijono, M.Sc. and (2) Prof. Dr. Muhammad Turhan Yani, MA.
Keywords: textbook, local cultural wisdom of manganese tradition, character
This study aims to produce textbooks based on local cultural wisdom of the Mnganan Tradition to strengthen character education for fourth grade students. This research design applies the 4-D development model (four D Models) developed by Thiagaraja. field trial with one-group pretest-posttest design
Data collection techniques through observation, questionnaires, and tests. Observations were made to observe the implementation of the learning design using textbooks and student activities during learning. Questionnaires are used to determine student responses to textbooks, while tests are used to measure student character strengthening. Data analysis techniques to determine the feasibility and validity, effectiveness, and practicality of textbooks in a qualitative descriptive manner with percentage techniques and inferential analysis through n-gain calculations
Meanwhile, the results of the validity aspect, the textbook product on the material, 89% and 88.33% on the design, it can be concluded that the product is feasible to use. Practical aspects include implementation, learning by teachers, and students which reached 92% and 87,5% with the category, very well done.
The results of the effectiveness aspect showed an increase in student character from 35% to 89%. Calculation, the average mastery of learning to improve learning outcomes reached 84% with the category, high. This shows that there is a significant difference in student learning outcomes after following, learning using wisdom-based textbooks, local culture of the Manganan Tradition.