Studi Kajian Video Tutorial Vokasional Hantaran Untuk Guru Pendidikan Khusus di Jurusan C
Studi Literature Vocational Video Tutorial for Special Education Teacher in the C Department
Makna penggunaan video tutorial vokasinal berupa hantaran pernikahan untuk guru pendidikan khusus jurusan C sebagai cara membelajarkan peserta didik.Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan studi kajian video tutorial vokasional berupa hantaran penrnikahan untuk guru pendidikan khusus di jurusan C. Metode penelitian yang digunakan melalui kajian analitis literatur review sebagai sumber data yang diperoleh dari berbagai macam buku, artikel jurnal nasional, internasional, dan proseding terindeks terkait yang dibahas. Teknik analisis data menggunakan paparan deskriptif. Perolehan hasil berupa sebuah kajian penggunaan video tutorial vokasional oleh guru pendidikan khusus jurusan C guna menjadi sumber dalam penyampaian pembelajaran pada anak kelompok tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi kajian penggunaan video tutorial vokasinal oleh guru sebagai salah satu media dan atau sumber penyampaian pembelajaran pada anak tunagrahita. Artinya bahwa penggunaan video tutorial dapat mempermudah guru pendidikan khusus jurusan C dalam membelajarkan keterampilan vokasional anak tunagrahita.
Kata kunci: guru jurusan tunagrahita, keterampilan vokasional, video tutorial
The meaning of using vocational video tutorials for special education teachers majoring C as a way of teach students. The purpose of this research is to describe the study of vocational video tutorials in the form of wedding hantaran for special education teachers in majoring C. The research method used is an analytical study of literature review as a source of data obtained from various books, national journal, international journal articles, and proceedings with indexes related to the discussion. The data analysis technique used descriptive exposure. The results obtained are a study of the use of vocational video tutorials by special education teachers majoring C to be a source in delivering learning to children with mental retardation groups. The results showed that the study of the use of vocational video tutorials by teachers as one of the media and sources of learning for children with mental retardation. This means that the use of video tutorials can make it easier for special education teachers majoring C in teaching the vocational skills of children with mental retardation.
Keywords: teacher majoring in mental retardation, vocational skills, video tutorials