Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan Problem Based Learning, aktivitas, keterampilan berpikir kritis serta respon peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi asam basa. Design yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest Design dengan subjek penelitian sebanyak 32 peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 17 Surabaya. Penelitian ini menghasilkan: (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model PBL mendapatkan hasil nilai rata-rata secara berurutan pada pertemuan satu dan dua sebesar 3,60 dan 3,76, dengan kriteria sangat baik (2) Peserta didik melakukan aktivitas relevan dalam arti peserta didik telah berlatih KBK dan beraktivitas sesuai dengan sintaks model PBL. aktivitas relevan peserta didik secara berurutan pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 98,75% dan 97,7%.(3) KBK peserta didik mengalami peningkatan, secara keseluruhan nilai pretest dan posttest peserta didik memperoleh persentase N-Gain score ≥0,3 dalam kategori sedang dan tinggi yaitu 90,63% peserta didik masuk dalam kategori tinggi dan 9,38% masuk dalam kategori sedang. Persentase masing-masing komponen interpretasi, inferensi dan analisis kategori tinggi berturut-turut sebagai berikut 78,13%; 81,25% ;90,63%, dan kategori sedang 21,88%;18,75%; 9,28%. Hal ini menunjukkan bahwa KBK peserta didik telah terlatihkan menggunakan model PBL. (4) Respon peserta didik pada pembelajaran yang mengunakan model PBL yang digunakan untuk melatihkan KBK dapat dikatakan sangat baik. Sebanyak 93,75% peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran.
Kata kunci: PBL, Keterampilan berpikir kritis, Asam basa.
This research to describe the implementation of PBL, activities, critical thinking skills (CTS) and students' responses in learning using the Problem Based Learning (PBL) model on acid-base material. The design used is One Group Pretest Posttest Design with 32 subjects in class XI IPA 2 of SMA Negeri 17 Surabaya. This study resulted is: (1) the implementation of learning using the PBL model to get the results of the average value sequentially at meetings one and two of 3.60 and 3.76, with very good criteria (2) Students perform relevant activities in the sense of students have practiced CTS and are acting according to the PBL model syntax, the relevant activities of students in sequence at the first meeting and the second meeting amounted to 98.75% and 97.7%. (3) CTS learners experienced an increase, overall the pretest and posttest scores of students received a percentage of N-Gain score ≥0.3 in the medium and high category that is 90.63% of students included in the high category and 9.38% included in the medium category. The percentage of each component of interpretation, inference, and analysis of the high category are as follows 78.13%; 81.25%; 90.63%, and the medium category 21.88%; 18.75%; 9.28%. This shows that students' CTS have been trained using PBL models. (4) Students' responses to learning using PBL models that are used to practice critical thinking skills can be said to be very good. As many as 93.75% of students gave positive responses to the learning provided.
Keywords: PBL, CTS, Acid Base