STRATEGI PEMBELAJARAN MANDIRI MAHASISWA DALAM PENULISAN AKADEMIK DAN PERFORMA PENUL ISAN: STUDI KORELASI
COLLEGE STUDENTS SELF-REGULATED LEARNING STRATEGIES IN ACADEMIC WRITING AND WRITING PERFORMANCE: CORRELATIONAL STUDY
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi lebih lanjut korelasi strategi belajar mandiri mahasiswa dan kinerja menulis dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki strategi yang paling sering digunakan mahasiswa saat menyelesaikan tugas tertulis mereka. Writing Strategies for Self-Regulated Learning Questionnaire (WSSRLQ) diberikan kepada 72 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya. Hasil penelitian melaporkan bahwa peserta didik lebih suka menggunakan strategi perilaku sosial (M = 3.90), diikuti oleh strategi motivasi (M = 3.84), strategi kognitif (M = 3.75), dan strategi metakognitif (M = 3.74). Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa terdapat korelasi sedang antara strategi belajar mandiri dengan kinerja menulis (r = 0,481). Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan adanya korelasi antara dimensi strategi belajar mandiri dengan kinerja menulis yaitu metakognitif, kognitif dan strategi perilaku sosial, namun tidak ditemukan korelasi antara strategi motivasi dan kinerja menulis.
This study aimed at exploring further the correlation between college students’ self-regulated learning strategies and writing performance in the EFL context. Additionally, this present study also investigated the most frequently used strategies of college students’ while completing their written tasks. Writing Strategies for Self-Regulated Learning Questionnaire (WSSRLQ) was administered to 72 junior students majoring in English Education at one of the state universities in Surabaya. The result reported that learners rather used social-behavioral Strategies (M = 3.90), followed by motivational strategies (M = 3.84), cognitive strategies (M = 3.75), and metacognitive strategies (M = 3.74). This study also revealed that there was a medium correlation between self-regulated learning strategies and writing performance (p = .000, r = 0.481). Moreover, the result also showed a correlation between the dimensions of self-regulated learning with writing performances namely metacognitive, cognitive and social-behavioral strategies, yet there is no correlation between motivational strategies and writing performance.