PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DALAM PJOK TERHADAP
KETERAMPILAN GERAK LOKOMOTOR SISWA
THE EFFECT OF FLASH CARD LEARNING MEDIA IN PHYSICAL EDUCATION ON
STUDENTS' LOCOMOTOR MOVEMENT SKILLS
Pembelajaran keterampilan gerak dasar siswa di sekolah dimulai saat mereka mulai
mengikuti pembelajaran PJOK. Namun, guru PJOK kadang-kadang tidak melihat proses
pembelajaran gerak siswa berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana media pembelajaran flash card mempengaruhi keterampilan
gerak lokomotor siswa. Studi ini melibatkan 46 siswa, 22 laki-laki dan 24 perempuan.
Penelitian ini menerapkan metode pra-ekperimen dengan desain one group pretest
posttest. Test of Gross Motor Development – 2 (TGMD-2) digunakan sebagai instumen
penelitian dalam mengukur perkembangan keterampilan gerak lokomotor siswa. Hasil
penelitian menunjukkan media pembelajaran flash card memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap keterampilan gerak lokomotor siswa. Hasil tersebut ditunjukkan
dengan nilai signifikansi 0.00 (sig < 0.05) oleh variabel pretest dan posttest yang diujikan.
Disisi lain, media pembelajaran flash card tidak memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap variabel tes leap dan slide. Hasil uji menunjukkan nilai signifikansi 0.53 (sig <
0.05) untuk leap dan nilai signifikansi 0.22 (sig < 0.05) untuk slide. Walaupun demikian,
nilai keseluruhan dari variabel yang diujikan menunjukkan bahwa media pembelajaran
flash card berpengaruh signifikan terhadap keterampilan gerak lokomotor siswa.
The learning of students' fundamental movement skills at school begins when they start
participating in physical education (PE). However, PE teachers sometimes do not see the
students' movement learning process going well. The purpose of this study is to find out
how flash card learning media affects students' locomotor movement skills. This study
involved 46 students, 22 boys and 24 girls. This study applied pre-experiment method
with one group pretest posttest design. The Test of Gross Motor Development - 2 (TGMD-
2) was used as the research instrument in measuring the development of students'
locomotor skills. Findings indicated that flash card learning media had a significant effect
on students' locomotor movement skills. These results are indicated by a significance
value of 0.00 (sig < 0.05) by the pretest and posttest variables tested. On the other hand,
flash card learning media does not have a significant effect on the leap and slide test
variables. The test results showed a significance value of 0.53 (sig < 0.05) for leap and a
significance value of 0.22 (sig < 0.05) for slide. Nevertheless, the overall value of the tested
variables shows that flash card learning media has a significant effect on students'
locomotor movement skills.