PEMAHAMAN KONSEP SEGIEMPAT SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT-INTROVERT DAN JENIS KELAMIN
Pemahaman konsep merupakan salah satu faktor penting dalam tujuan pembelajaran matematika. Pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa dalam penguasaan suatu konsep baik dalam menjelaskan maupun mengamplikasikan suatu konsep dalam suatu pemecahan soal maupun pemecahan masalah. Kepribadian berperan dalam proses belajar siswa hal ini dikarenakan sikap setiap individu dalam mengambil keputusan dipengaruhi oleh kebiasaan. Kepribadian dan perbedaan jenis kelamin dapat memungkinkan adanya perbedaan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep segiempat siswa ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert-introvert dan jenis kelamin. Pada penelitian ini empat siswa SMP dipilih sebagai subjek yang ditentukan berdasarkan tipe kepribadian ekstrovert-introvert dan jenis kelamin. Instrument pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes kemampuan matematika, angket kepribadian MBTI, tes pemahaman konsep materi segiempat dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan (a) Siswa laki-laki ekstrovert kurang mampu menyatakan ulang konsep segiempat, dan kurang mampu menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi untuk menyelesaikan soal segiempat (b) Siswa perempuan ekstrovert kurang mampu menyatakan ulang konsep segiempat, kurang mampu mengkalsifikasikan segiempat berdasarkan sifat-sifat yang sesuai, dan kurang mampu menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi untuk menyelesaikan soal segiempat (c) Siswa laki-laki introvert kurang mampu menyatakan ulang konsep segiempat, kurang mampu mengkalsifikasikan segiempat berdasarkan sifat-sifat yang sesuai, (d) Siswa perempuan introvert kurang mampu mengkalsifikasikan segiempat berdasarkan sifat-sifat yang sesuai. Implikasi hasil penelitian ini adalah pemahaman konsep pada tiap kepribadian baik laki-laki maupun perempuan perlu diperhatikan.
Kata Kunci: Pemahaman konsep, segiempat, ekstrovert-introvert dan jenis kelamin.
Understanding the concept is one important factor in the purpose of learning mathematics. Understanding concepts is the ability of students in mastering a concept both in explaining and applying a concept in problem solving or problem solving. Personality plays a role in the learning process of students this is because the attitude of each individual in making decisions is influenced by habits. Personality and gender differences can allow differences in understanding of concepts. This research is a qualitative descriptive study with the aim to describe the understanding of the quadrilateral concept of students in terms of extrovert-introvert personality types and gender. In this study four junior high school students were chosen as subjects determined by extrovert-introvert personality types and gender. Data collection instruments used consisted of mathematics ability tests, MBTI personality questionnaires, quadrilateral understanding of concept material tests and interview guidelines. The results of this study indicate (a) Extroverted male students are less able to restate the quadrilateral concept, and less able to use and utilize and choose procedures or operations to solve quadrilateral problems (b) Extroverted female students are less able to restate the quadrilateral concept, less able to calcify quadrilateral based on appropriate traits, and less able to use and utilize and choose procedures or operations to solve quadrilateral problems (c) Introverted male students are less able to restate the quadrilateral concept, less able to calcify rectangles based on appropriate traits, ( d) Introverted female students are less able to calcify quadrilateral based on appropriate traits. The implication of the results of this study is the understanding of the concepts in each personality of both men and women need to be considered.
Keywords: Understanding of concepts, quadrilateral, ekstrovert-introvert and gender.