Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran diskusi dengan strategi beach ball, mendeskripsikan peningkatan keterampilan komunikasi siswa setelah menggunakan model pembelajaran diskusi dengan strategi beach ball, dan mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi di SMAN 12 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif pre-eksperimental design. Rancangan yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design dengan subjek penelitian ini adalah kelas X MIA 2 sebanyak 31 siswa, kelas X MIA 4 sebanyak 35 siswa, dan kelas X MIA 5 sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran diskusi dengan strategi beach ball pada ketiga kelas termasuk dalam kategori yang sangat baik. Keterampilan komunikasi verbal siswa mengalami peningkatan dari pertemuan pertama hingga pertemuan kedua pada ketiga kelas dengan rata-rata persentase sebesar 81,11%, 82,78%, dan 83,33%. Keterampilan komunikasi non-verbal siswa mengalami peningkatan dari pertemuan pertama hingga pertemuan kedua dengan rata-rata sebesar 72,22%, 62,50%, dan 72,22%. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi termasuk dalam kategori baik. Pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi pada ketiga kelas mengalami peningkatan secara signifikan dengan rata-rata nilai n-gain sebesar 0,4; 0,35; dan 0,43. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep termasuk dalam kategori sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran diskusi dengan strategi beach ball dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi.
Kata kunci : Diskusi, Strategi Beach Ball, Keterampilan Komunikasi, Pemahaman Konsep
This research aimed to described the accomplishment learning of discussion learning with beach ball strategies, describing the student’s enhancement communications skills by the implementation of discussion learning with beach ball strategies, and decribing the student’s understanding the concept in work and energy at SMAN 12 Surabaya. This type of research is descriptive quantitative pre-experimental design. The design used was one-group pretest-posttest design with the subject of this study were X MIA 2 class as many as 31 students, X MIA 4 class as many as 35 students, and X MIA 5 class as many as 30 students. This research was conducted during 2 meetings. The results of the research showed the accomplishment learning using a discussion learning with beach ball strategy in the three classes included in the excellent category. The student's verbal communication skills improved from the first meeting to the second meeting in the three classes with an average percentage of 81.11%, 82.78%, and 83.33%. The student’s non-verbal communication skills improved from the first meeting to the second meeting with an average of 72.22%, 62.50%, and 72.22%. This shows that communication skills are included in the good category. The student’s understanding the concept in work and energy in the three classes has increased significantly with an average of n-gain values of 0.4; 0.35; and 0.43. This shows that an increase in conceptual knowledge falls into the medium category. So it can be concluded that the discussion learning with a beach ball strategy can improve the student’s communication skills and understanding the concept in work and energy.
Keywords : Discussion, Beach Ball Strategy, Communication Skills, Understanding the Concept