PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SKALA PADA DENAH BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V
Development of Scale Learning Tools on map Based on Problems to Improve Problem Solving Skills for Students in Class V
Diniyah, Eka Nurhayati.2021.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Skala pada Denah Berbasis Masalah untuk Meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V. Tesis program studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing; (I) Dr. Wiryanto, M.Si dan (II) Rooselyna Ekawati, M.Sc., Ph.D.
Kata-kata kunci : pengembangan perangkat pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah, berbasis masalah, skala pada denah
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah materi skala pada denah, menganalisis hasil pengembangan perangkat, mendeskripsikan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran berbasis masalah materi skala pada denah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) yakni 4D-Model (Define, Design, Develop, and Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKPD, dan tes kemampuan pemecahan masalah pada materi skala pada denah. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran skala pada denah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Validitas perangkat pembelajaran sebagai berikut : rata-rata validasi RPP sebesar 3,68 atau 91,91% berkategori valid; LKPD sebesar 3,39 atau 84,75% berkategori valid; dan Tes KPM sebesar 3,12 atau 78% berkategori valid. Jadi berdasarkan hasil penilaian validator perangkat pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Kepraktisan perangkat pembelajaran: kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 3,48 atau persentase keterlaksanaan 87% dengan kategori terlaksana baik; aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran adalah sebesar 97,5% sehingga dikatakan efektif. Keefektifan perangkat pembelajaran: persentase perubahan KPM peserta didik positif sebesar 75%; peningkatan KPM mendapatkan skor N-Gain 0,59 dengan kategori sedang, persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90% sehingga dikatakan tuntas, sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran positif dengan rata-rata skor sebesar 97%. Berdasarkan hasil penelitian perangkat pembelajaran skala pada denah berbasis masalah berkriteria baik yaitu valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Diniyah, Eka Nurhayati. 2021. Development of Scale Learning Tools on map Based on Problems to Improve Problem Solving Skills for Students in Class V. Thesis of Elementary Education Study Department, Postgraduate, State University of Surabaya. Advisor; (I) Dr. Wiryanto, M.Si and (II) Rooselyna Ekawati, M.Sc., Ph.D.
keywords: The development of learning tools, problem-solving skills, problem-based, scaling on map.
This study aims to describe the process of developing problem-based learning tools on the scale of material on the map, analyze the results of the device development, describe student’s problem solving with problem-based learning on the scale material on the map. This research uses research and development (R&D) type, namely 4D-Model (Define, Design, Develop, and Disseminate). The developed learning tools are including; lesson plans (RPP), LKPD, and a problem-solving ability test on the scale material on the map. The results of the development of the scale learning device on the map is valid, practical and effective. The validity of the learning tools is as follows: the average RPP validation is 3.68 or 91.91% in the valid category; LKPD of 3.39 or 84.75% in the valid category; and the KPM test of 3.12 or 78% in the valid category. Therefore, based on the results of the assessment of the validator, problem-based learning tools can be used for learning activities. Practicality of learning tools: the ability of teachers to manage learning is 3.48 or the percentage of implementation is 87% with the category of good implementation; student activity in learning activities is 97.5%. Therefore, it could be claimed as effective. The effectiveness of learning tools: the percentage of changes in KPM of positive students is 75%; the increase in KPM gets an N-Gain score of 0.59 in the medium category, the completeness of percentage in classical learning is 90% thus, it could be claimed as complete, while the student response in positive learning is in an average score of 97%. Based on the results of the research on the learning device scale on the problem-based map based on good criteria which is valid, practical and effective so that it can be used for learning activities.