Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Amotivasi Dan Prestasi Belajar Pengurus Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi LPTK di Jawa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 340 mahasiswa pengurus himpunan mahasiswa pendidikan ekonomi LPTK di Jawa. Teknik mencari sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Untuk mencari jumlah sample dalam penelitian ini peneliti menggunakan rumus Slovin. Sampel dalam penelitian ini adalah 184 orang mahasiswa pengurus himpunan mahasiswa pendidikan ekonomi di enam LPTK di jawa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis permodelan persamaan struktural dengan software WarpPLS. Dalam penelitian ini ditemukan bahwasanya variabel keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar dapat dikatakan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Lalu variabel keaktifan berorganisasi terhadap amotivasi dapat dikatakan memiliki pengaruh yang positif dan sangat signifikan. Kemudian variabel amotivasi belajar terhadap prestasi belajar dapat dikatakan memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan. Kemudian dengan amotivasi sebagai variabel mediasi antara keaktifan berorganisasi dan prestasi dikatakan tidak signifikan dan amotivasi bukan merupakan variabel mediasi.
This study aims to determine and analyze the influences of organzizational activities on amotivation and learning achievements members of economic education student association state university in Java.. This research is a quantitative research with an associative approach. The amount population on this study is 340 student with 184 sample based on sampling technique simple random sampling. To measure the amount of sample used in this study, researches using slovin formula. The analysis technique used in this study was structural equation modelling with help of software WarpPLS. Based on this study, the variable of organizational activities has influence on variable learning achievement this make organizational activities has possitive influences and has significant effect on learning achievement. The variable organizational activities also had influence on variable amotivation this make organizational activities has positive influence and has significant effect on amotivation. The variable amotivation has influences on variable learning achievement this make organizational activities has negative influence and has significant effect on learning achievement. Also with amotivation was dedicated as mediation variable between organizational activities and learning achievement this will makes path coefficient not significant and amotivation variable is not a mediation variable..