IMPLEMENTATION OF CONCEPT MAP METHOD ON READING COMPREHENSION OF DYSLEXIC CHILDREN
ABSTRAK
Alfa Rusydiana Rusda
IMPLEMENTASI METODE PETA KONSEP PADA PEMAHAMAN BACAAN ANAK DISLEKSIA
Skripsi
Surabaya, Fakultas Ilmu Pendidikan, 2024
Anak disleksia memiliki gangguan neurobiologis yang dapat mempengaruhi kemampuan membaca, seperti menghilangkan huruf, penggantian kata, pengulangan, menyelipkan kata, huruf terbalik, kurang memperhatikan tanda baca, dan tersendat-sendat yang berakibat pada pemahaman bacaan. Oleh karena itu, diperlukan dukungan untuk meminimalisir permasalahan tersebut. Penelitian ini digunakan untuk mengeksplor metode peta konsep dalam peningkatan pemahaman bacaan terhadap anak disleksia. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis adanya peningkatan dalam implementasi metode peta konsep terhadap pemahaman bacaan anak disleksia. Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif dengan metode pra-eksperimental berdesain one independent group design. Subjek penelitian ini ialah anak disleksia yang belum dapat memahami suatu bacaan yang berbentuk deskripsi atau cerita, sehingga siswa menunjukkan kekeliruan dalam pemahaman bacaan. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Teknik statistic yang digunkan dalam analisis data adalah perhitungan manual Wilcoxon Match Pair Test dan pengujian melalui SPSS v.29.0.2.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap pemahaman bacaan anak disleksia. Sedangkan, hasil perhitungan rumus Wilcoxon Match Pair Test dan pengujian melalui SPSS v.29.0.2.0 menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan implementasi metode peta konsep menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap anak, tetapi mengalami peningkatan terhadap hasil belajar pemahaman bacaan anak disleksia di Lembaga Terapis Sebaya Riang Surabaya.
Kata kunci : Metode Peta Konsep, Pemahaman Bacaan, Disleksia.
ABSTRACT
Dyslexic children have neurobiological disorders that can affect reading skills, such as omitting letters, replacing words, repetition, slipping words, reversing letters, paying less attention to punctuation, and stuttering which results in reading comprehension. Therefore, support is needed to minimize these problems. This research is used to explore the concept map method in improving reading comprehension of dyslexic children. The purpose of this study is to analyze the improvement in the implementation of concept map method on reading comprehension of dyslexic children. This research includes a quantitative approach with a pre-experimental method with a one independent group design. The subject of this research is dyslexic children who have not been able to understand a reading that is in the form of a description or story, so students show errors in reading comprehension. Data were collected through tests and documentation. The statistical technique used in data analysis is the calculation of the Wilcoxon Match Pair Test formula and testing through SPSS v.29.0.2.0. The results showed an increase in reading comprehension of dyslexic children. Meanwhile, the results of the calculation of the Wilcoxon Match Pair Test formula and testing through SPSS v.29.0.2.0 show no significant effect. So it can be concluded that the implementation of the concept map method shows no significant effect on children, but has increased the learning outcomes of reading comprehension of dyslexic children at the Lembaga Terapis Sebaya Riang Surabaya.
Keywords: Concept Map Method, Reading Comprehension, Dyslexia.