SMA Negeri 1 Bojonegoro memberikan wadah kepada peserta didik untuk menyalurkan minat dan bakatnya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Selain menyediakan ekstrakurikuler akademik, SMA Negeri 1 Bojonegoro juga memberikan wadah berupa ekstrakurikuler non akademik, salah satunya adalah ekstrakurikuler Modern Dance. Pembelajaran ekstrakurikuler Modern Dance ini berfokus pada materi Dance Cover K-Pop dengan menggunakan metode tutor sebaya. Metode ini digunakan oleh peserta didik ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop untuk memperlancar kegiatan belajar bersama pada kegiatan di luar intra sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: 1) Apa yang menjadi motivasi siswa – siswi mengikuti ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop di SMA Negeri 1 Bojonegoro, 2) Bagaimana pelaksanaan metode tutor sebaya dalam pembelajaran ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop di SMA Negeri 1 Bojonegoro, 3) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop di SMA Negeri 1 Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sasaran penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah siswa – siswi yang bergabung pada ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop di SMA Negeri 1 Bojonegoro serta pembina dari kegiatan ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar sangat berperan penting dalam setiap diri individu utamanya pada proses pembelajaran ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop. Peserta didik lebih tertarik mengikutsertakan diri dalam kegiatan kompetisi, atau pentas seni yang diadakan di luar sekolah maupun di dalam sekolah. 2) Pelaksanaan metode tutor sebaya ini dilakukan oleh siswa – siswi aktif di sekolah tersebut dan dipimpin oleh siswa yang berperan sebagai tutor. Pada metode tutor sebaya ini, tutor memberikan beberapa gerakan kepada siswa dan dipraktikan secara step by step, sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh tutor. 3) Pelaksanaan ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop memiliki beberapa kategori di dalam pelaksanaannya, diantaranya adalah kegiatan rutinitas (kegiatan yang dilakukan secara resmi dengan melakukan beberapa kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup sesuai dengan konsep Yustisia), selanjutnya ada kegiatan menjelang perlombaan atau kompetisi (kegiatan ini dilakukan tanpa menggunakan kegiatan pendahuluan, siswa – siswi ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop lebih memilih untuk langsung berfokus kepada materi dan di akhiri dengan doa serta membahas latihan selanjutnya), terakhir ada kegiatan sebagai hiburan (kegiatan ini mirip dengan kegiatan menjelang lomba, sebab kegiatan sebagai hiburan lebih memfokuskan kepada materi tanpa menggunakan stretching atau diawali dengan doa). Jadi, ketiga kategori dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Dance Cover K-Pop dilaksanakan pada jadwal ekstrakurikuler modern berlangsung.
Kata Kunci : Pembelajaran Ekstrakurikuler, Dance Cover K-Pop, Metode Tutor Sebaya
SMA Negeri 1 Bojonegoro give a chance to its students for increasing their dream and passion within extracurricular. In order give a chance by academic extracurricular, SMA Negeri 1 Bojonegoro give a chance by non-academic extracurricular too, one of them is modern dance extracurricular. This modern dance studied is focused with K-Pop Dance Cover material with tutor-method by friends. This method used by K-Pop Dance Cover extracurricular students to fluent their study group out of school lesson. The problems on this riset is : 1) What is the motivation of students to join K-Pop Dance Cover extracurricular in SMA Negeri 1 Bojonegoro, 2) How about friends-method implementation into K-Pop Dance Cover extracurricular studied in SMA Negeri 1 Bojonegoro, 3) How about implementation K-Pop Dance Cover extracurricular studied in SMA Negeri 1 Bojonegoro.
This research using qualitative riset. The targets of research that choosing by researcher are students who join in the K-Pop Dance Cover extracurricular in SMA Negeri 1 Bojonegoro also their coach from this K-Pop Dance Cover extracurricular event. Gathering data technique are use obeservation technique, investigation, and documentation.
The results of this riset are showed that 1) Study motivational have very important role on every individu especially on the study process of K-Pop Dance Cover extracurricular. The students are more interested to join on the competition or art performance that held out of school either in the school. 2) The implementation of friends-tutor doing by active students in those school and leading by student that have a tutor role. On this friends tutor method, tutor gives each of choreography to the students and practicing within step by step, so that students are more easy-learning with the material that gives by tutor. 3) The implementation of K-Pop Dance Cover extracurricular have some categories on that implementation, some of them are routine event (the event that held by doing some opening preliminary event, core of the event, and the closing of event that fit within Yustisia concept), next of them is the event towards contest or competition (this event held without opening, so the students of K-Pop Dance Cover extracurricular are more choosing to get focus on the material and ended by praying to the God also having conversation about next pratice), and the last is entertain event (this event similiar with preparing event towards competition, cause this event such as to entertain that focus on material without stretching or begin with praying). So, there are three categories in the implementation of K-Pop Dance Cover extracurricular that held on the live-schedule's modern extracurricular.
Keyword : Extracullicullar Studied, K-Pop Dance Cover, Friends Tutor Method