Implementasi Strategi Metakognisi dalam Menulis Berdasarkan Gaya Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Sidoarjo
The Implementation of Metacognition Strategies in Writing Skills based on Learning Styles in Eighth Graders of SMP Negeri 5 Sidoarjo
ABSTRAK
Asnianto, Indra. 2020. Implementasi Strategi Metakognisi dalam Menulis Berdasarkan Gaya Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Sidoarjo. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Bambang Yulianto, M. Pd. dan (II) Dr. Syamsul Sodiq, M. Pd.
Kata kunci: Metakognisi, Gaya Belajar, Teks Berita
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi strategi metakognisi dalam menulis berdasarkan gaya belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sidoarjo. Metakognisi adalah pengetahuan atau kesadaran siswa terhadap proses dan hasil berpikirnya sendiri. Strategi metakognisi dalam penelitian ini dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian menulis teks berita. Topik teks berita dalam penelitian ini adalah fenomena alam dengan tema “Banjir” dan gaya belajar yang digunakan adalah visual, auditori, dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualititatif.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa (1) implementasi strategi metakognisi dalam menulis teks berita berdasarkan gaya belajar visual pada siswa kelas VIII dalam tahap perencanaan memanfaatkan pengetahuan metakognisi yaitu memahami struktur teks berita, menyadari untuk menetapkan tujuan sebelum menulis, menyadari untuk menetapkan strategi sebelum menulis, dan merencanakan ide dengan membuat ide pokok untuk memudahkan penulisan. Pada tahap pelaksanaan menulis dan memantau kesalahan tulisan yang dilakukan tetapi kurang cermat memantau kesalahan tata bahasa dan tanda baca, menulis dan memantau kecermatan untuk mengekspresikan ide dalam menulis sesuai dengan struktur teks berita. Pada tahap pengevaluasian mengontrol kembali kesalahan hasil tulisan, menulis, dan menyusun kembali revisi hasil tulisan agar menjadi sebuah paragraf teks berita yang utuh dan lebih baik.
(2) Implementasi strategi metakognisi dalam menulis teks berita berdasarkan gaya belajar auditori pada siswa kelas VIII dalam tahap perencanaan memanfaatkan pengetahuan metakognisi yaitu menulis sesuai dengan struktur teks berita, menetapkan tujuan sebelum menulis, menetapkan strategi sebelum memulai menulis, dan merencanakan ide dengan membuat ide pokok untuk memudahkan penulisan. Pada tahap pelaksanaan menulis dan memantau kesalahan tulisan tetapi kurang cermat memanfaatkan pengetahuan metakognisi dalam memantau kesalahan tanda baca atau tata bahasa, memantau kekurangtepatan dalam mengekspresikan ide yang ditulis, dan kurang cermat dalam menguraikan ide-ide yang terpikirkan pada hasil tulisan yang sudah sesuai dengan struktur teks berita tetapi tidak runtut. Pada tahap pengevaluasian mengontrol kembali kesalahan hasil tulisan, menulis, dan menyusun kembali revisi hasil tulisan agar menjadi sebuah paragraf teks berita yang lebih baik.
(3) Implementasi strategi metakognisi dalam menulis teks berita berdasarkan gaya belajar kinestetik pada siswa Kelas VIII dalam tahap perencanaan memanfaatkan pengetahuan metakognisi yaitu memahami struktur teks berita, menetapkan tujuan sebelum menulis, menetapkan strategi sebelum memulai menulis, dan merencanakan ide dengan membuat ide pokok untuk memudahkan penulisan. Pada tahap pelaksanaan menulis dan memantau kesalahan tulisan atau tata bahasa yang dilakukan dan memantau kecermatan untuk mengekspresikan ide-ide dalam menulis tetapi tidak memperhatikan pembagian struktur teks berita dengan baik dan hanya menulis sesuai dengan yang ada di dalam pikirannya. Pada tahap pengevaluasian mengontrol kembali kesalahan hasil tulisan, menulis, dan menyusun kembali revisi hasil tulisan agar menjadi sebuah paragraf teks berita yang lebih baik.
ABSTRACT
Asnianto, Indra. 2020. The Implementation of Metacognition Strategies in Writing Skills based on Learning Styles in Eighth Graders of SMP Negeri 5 Sidoarjo. Thesis, Language and Literature Education Study Program, State University of Surabaya Postgraduate Study Program. Advisors: (I) Prof. Dr. Bambang Yulianto, M. Pd. and (II) Dr. Syamsul Sodiq, M. Pd.
Keywords: Metacognition Strategies, Learning Styles, News Text
This study aimed to describe the implementation of metacognition strategies in writing skills based on learning styles in eighth graders of SMP Negeri 5 Sidoarjo. Metacognition is students' knowledge or awareness of their own thinking processes and results. The implementation of the metacognition strategy in this study is seen from the planning, implementation, and evaluation of writing news texts. The topic of the news text in this study is natural phenomena with the theme "Flood" and the learning styles used are visual, auditory, and kinesthetic. This type of research is a descriptive study with a qualitative approach.
The results of the study that have been conducted show that (1) the implementation of metacognition strategies in writing news texts based on visual learning styles in eighth graders in the planning stage utilizes metacognitive knowledge, namely understanding the structure of the news text, realizing to set goals before writing, realizing to set strategies before writing, and planning ideas by making main ideas to facilitate writing. In the implementation stage of writing and monitoring writing errors that have been made but less monitoring of grammar and punctuation errors, writing and monitoring the accuracy to express ideas in writing according to the structure of the news text. In the evaluation stage, control the errors of the writing, and rearrange the revised results of the writing so that it becomes a whole and better news text paragraph.
(2) The implementation of metacognition strategies in writing news texts based on auditory learning styles in eighth graders in the planning stage utilizing metacognitive knowledge, namely writing in accordance with the structure of the news text, setting goals before writing, setting strategies before starting writing, and planning ideas by making main ideas to facilitate writing. At the writing implementation stage and monitoring writing errors but less carefully of utilizing metacognition knowledge in monitoring punctuation or grammar errors, monitoring inaccuracies in expressing written ideas, and not being careful in describing ideas that come to mind in writing that are in accordance with the text structure news but not coherent. At the evaluation stage, control the errors of writing results, write, and rearrange the revised writing results so that it became better news text paragraphs.
(3) The implementation of metacognition strategies in writing news texts based on kinesthetic learning styles in eighth graders in the planning stage utilizing metacognitive knowledge, namely understanding the structure of news texts, setting goals before writing, establishing strategies before starting writing, and planning ideas by making main ideas to facilitate writing. In the implementation stage, write and monitor writing or grammar errors made and monitor the accuracy of expressing ideas in writing but less attention to the distribution of the news text structure properly and only write according to what is in their mind. At the evaluation stage, control the errors of writing results, write, and rearrange the revised writing results so that it became better news text paragraphs.