PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
APPLICATION OF DISCOVERY LEARNING MODEL BASED ON ETHNOSCIENCE TO IMPROVE STUDENTS LEARNING OUTCOMES ON VIBRATION AND WAVE MATERIAL
ABSTRAK
Nama : Sekar Arum Ningtyas
NIM : 19030654032
Program Studi : S1 Pendidikan Sains
Jurusan : Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd, Ph.D.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik, keterlaksanaan proses pembelajaran, dan respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis etnosains pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen, dengan dilakukan pada satu kelas eksperimen tanpa kelas pembanding. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII C SMP Negeri 3 Trenggalek semester genap Tahun Akademik 2022-2023. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan N-Gain sebesar 0,65 dengan kriteria sedang. Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh modus 3 dengan kriteria baik pada aspek motivasi dan refleksi sedangkan pada aspek lainnya mendapatkan modus 4 dengan kriteria sangat baik. Penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis etnosains untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi getaran dan gelombang mendapatkan respons yang positif dengan rata-rata persentase sebesar 98% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis etnosains pada materi getaran dan gelombang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: discovery learning, etnosains, hasil belajar
ABSTRACT
APPLICATION OF DISCOVERY LEARNING MODEL BASED ON ETHNOSCIENCE TO IMPROVE STUDENTS' LEARNING OUTCOMES ON VIBRATION AND WAVE MATERIAL
Name : Sekar Arum Ningtyas
Study Program : Science Education S1 Program
Department : Science
Faculty : Mathematic and Science
Institution : State University of Surabaya
Preceptor : Beni Setiawan, S.Pd., M.Pd, Ph.D.
This study aims to describe the learning outcomes of students, the implementation of the learning process, and students' responses to the application of ethnoscience-based discovery learning models on vibration and wave materials. This type of research is a pre-experiment, conducted in one experimental class without a comparison class. This research was conducted in class VIII C SMP Negeri 3 Trenggalek even semester Academic Year 2022-2023. Based on the results of the study, it was found that the learning outcomes of students experienced an increase in N-Gain of 0.65 with moderate criteria. The implementation of learning obtained mode 3 with good criteria in the aspects of motivation and reflection while in other aspects it got mode 4 with very good criteria. The application of the ethnoscience-based discovery learning model to improve student learning outcomes on vibration and wave material received a positive response with an average percentage of 98% with very good criteria. Based on this, it can be said that the application of the ethnoscience-based discovery learning model on vibration and wave material can improve student learning outcomes.
Keywords: discovery learning, ethnoscience, learning outcomes