Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, pembuatan mind mapping, hasil belajar siswa, dan angket respon siswa pada materi perdagangan internasional setelah diterapkan strategi mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental jenis desain nonequivalent control group design dimana peneliti menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangsal. Sampel yang diambil kelas XI IIS 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu penerapan strategi mind mapping, variabel respons yaitu keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan hsil belajar siswa, dan respon siswa, serta variabel kontrol yaitu guru, materi ajar, dan alokasi waktu selama proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji – t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi mind mapping memperoleh nilai rata-rata 4 dengan kategori sangat baik, keterampilan siswa dalam membuat mind mapping sangat baik, siswa yang mendapatkan nilai mind mapping tinggi cenderung mendapatkan hasil post-test yang tinggi, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori tinggi dan berdasarkan uji-t satu pihak hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol serta respon siswa terhadap penerapan strategi mind mapping mendapatkan persentase sebesar 75 % dengan kategori baik.
Kata kunci: Strategi mind mapping, Hasil belajar, Perdagangan Internasional
This research aims to describe learning process, making mind mapping, students’s concept understanding and responding in optical equipment after applicated mind mapping strategy. This kind of research is quasi experiment non-equivalent experimental control group design with one experiment class and one control class. The population of this research is tenth grade students in SMA 1 Bangsal. The samples of this research are XI IIS 3 as control class and XI IIS 1 as experiment class. The variables in this research including manipulation variable is application of mind mapping strategy, response variable are learning viability, student’s concept understanding, and student’s responding, and control variable are teacher, learning material, and learning time allocation. Technique of data analysis that used is normality, homogenity and one-tile of t-test. The research results shows that learning viability with application of mind mapping strategy obtain a category excellent, students skill in making mind mapping have increased, the students who have high score in mind mapping get high score in post-test result too and based on one-tile of t-test student’s understanding in experiment class better than control class, and response students to the application of mind mapping strategy a good.
Keywords: Mind mapping strategy, Learning Outcomes, and international trade.
.