ABSTRAK
Putri Nanda Agustin, 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Concept Attainment Model (CAM) dengan Teknik Concept Mapping untuk Meningkatkan
Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Tesis.
Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (1) Nadi Suprapto, Ph.D., (2) Dr. Sunu Kuntjoro, M.Si.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Concept Attainment Model, Concept
Mapping, Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir Kreatif
Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Concept Attainment Model
(CAM) dengan teknik concept mapping yang layak ditinjau dari segi
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan penguasaan konsep
dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan
pengembangan model four D (4D) dengan tahapan pendefinisian (define) ,
perencanaan (design), pengembangan (develop) , dan penyebaran (disseminate ).
Perangkat yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh tiga orang validator
yang terdiri dari tiga dosen FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Tahap
implementasi dilakukan pada peserta didik kelas X di SMAN 1 Rengel menggunakan
rancangan one group pretest-posttest design.
Data hasil penelitian yang dikembangkan sebagai berikut: Perangkat pembelajaran
dinyatakan sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 95,1%. Selain itu,
perangkat dinyakatan praktis, ditinjau dari keterlaksanaan RPP sebesar 100%
dengan kategori sangat baik, persentase rata-rata aktivitas peserta didik pada ketiga pertemuan sebesar 74,37% dengan
kategori baik, namun terdapat beberapa kendala selama proses pembelajaran.
Kemudian perangkat pembelajaran dinyakatan efektif ditinjau dari keterampilan
berpikir kreatif pada kelas X MIPA 1, X MIPA 4, dan X MIPA 5 yang mengalami
peningkatan rata-rata sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Sedangkan penguasaan
konsep yang mengalami peningkatan sebesar 0,63 dengan kategori sedang, serta
persentase rata-rata respon peserta didik pada ketiga kelas sebesar 89,8% dengan
kateori sangat baik.
Berdasarkan
analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan
layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir
kreatif peserta didik dengan penjelasan yang lebih detail dari guru.