PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 45 SURABAYA
EFFECT OF INTERPERSONAL COMMUNICATION SKILLS AND CRITICAL THINKING SKILLS ON LEARNING OUTCOMES IN SOCIAL STUDIES SUBJECTS SMP NEGERI 45 SURABAYA.
ABSTRAK
Nama : Theresya Wulandari
NIM : 19041344066
Program Studi : S1
Jurusan : Pendidikan IPS
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pemimbing : Prof. Dr. Ketut Prasetyo, M.S
Kemampuan komunikasi interpersonal dan kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dikembangkan dalam pendidikan pada abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar, untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar, serta untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 45 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMP Negeri 45 Surabaya, sedangkan sampel terdiri dari kelas VII B, VIII A, dan IX F yang dipilih menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji regresi linear sederhana kemampuan komunikasi interpersonal (X1) terhadap hasil belajar (Y) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 45 Surabaya. Hasil uji regresi linear sederhana kemampuan berpikir kritis (X2) terhadap hasil belajar (Y) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 45 Surabaya. Hasil uji regresi linear berganda, dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan komunikasi interpersonal dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 45 Surabaya.
Kata Kunci : Kemampuan komunikasi interpersonal, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar IPS
ABSTRACT
Name : Theresya Wulandari
Student ID : 19041344066
Study Program : S1
Major : Social Science Education
Faculty : Faculty of Social and Law
Institute : State University of Surabaya
Advisor : Prof. Dr. Ketut Prasetya, M.S
Interpersonal communication skills and critical thinking skills are skills that must be developed in education in the 21st century. This study aims to determine the effect of interpersonal communication skills on learning outcomes, to determine the effect of critical thinking skills on learning outcomes, and to determine the effect of interpersonal communication skills and critical thinking skills on learning outcomes in social studies subjects at SMP Negeri 45 Surabaya.
This research is a quantitative research with survey method. The population in this study were all students of SMP Negeri 45 Surabaya, while the sample consisted of classes VII B, VIII A, and IX F which were selected using random sampling. Data collection techniques using tests and documentation.
The results showed that the results of a simple linear regression test of interpersonal communication skills (X1) on learning outcomes (Y) showed that there was an influence of interpersonal communication skills on learning outcomes in social studies subjects at SMP Negeri 45 Surabaya. The results of a simple linear regression test for critical thinking skills (X2) on learning outcomes (Y) show that there is an influence of critical thinking skills on learning outcomes in social studies subjects at SMP Negeri 45 Surabaya. The results of multiple linear regression tests, it can be concluded that there is a significant influence of interpersonal communication skills and critical thinking skills together on learning outcomes in social studies subjects at SMP Negeri 45 Surabaya.
Keywords: interpersonal communication skill, critical thinking skill, social studies learning outcomes.