Gambar perspektif adalah salah satu teknik menggambar yang digunakan untuk mengilustrasikan dua dimensi melalui bidang datar dengan hasil seperti tampak tiga dimensi. Gambar perspektif merupakan salah satu pelajaran yang memiliki peran penting di jurusan desain interior dan teknik perspektif SMK Negeri 12 Surabaya. Karena untuk merancang sebuah ruangan juga di perlukan keahlian gambar perspektif. Namun langkah-langkah teknik menggambar perspektif tidak begitu dijelaskan secara khusus, kebanyakan saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik kesulitan menggambar, sehingga muncul permasalahan seperti peserta didik mengabaikan tugas yang diberikan, telat mengerjakan tugas dan mengerjakan dengan hasil yang kurang maksimal. Akibatnya tujuan dari pembelajaran tidak tercapai.
Pada penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif untuk mengatasi permasalahan peseerta didik dalam proses pembelajaran mengenai alat peraga yang menarik dan dapat memudahkan peserta didik untuk menggambar perspektif. Penelitian ini mengadopsi metode pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) milik Thiagaradjan yaitu menciptakan produk baru yang unik, fungsional dan teruji yang berasal dari masalah penelitian dan pengumpulan data yang selanjutnya dilakukan perancangan desain alat peraga dari data yang diperoleh lalu di validasi dengan validator ahli media dan praktisi, hingga dilakukan uji coba langsung kepada peserta didik.
Dari masalah penelitian dilanjutkan pengumpulan data media yang sesuai kebutuhan peserta didik dari karakter dan materi. Untuk menentukan konsep desain alat peraga melalui observasi, wawancara, pretest, dan angket. Dari data tersebut menghasilkan desain alat peraga yang memiliki fungsi untuk menggambar perspektif dua titik mata. Desain dibuat melalui proses sketsa, desain di komputer, dan produksi. Hasil validasi dinyatakan layak digunakan sebagai media penunjang materi gambar perspektif oleh ahli praktisi pengajar peserta didik dengan skor 84,44%, dan kelayakan ahli media dengan skor 93,33%. Hasil uji coba dinyatakan berhasil digunakan peserta didik dengan perbandingan rata-rata hasil pretest 73,5 dan hasil setelah uji coba 87,16.
Perspective drawing is one of some drawing technique used to illustrate two dimensions through a flat field so that it displays an image like three dimensions. Perspective drawing is one important lesson in interior design and perspective technique at vocational high school 12 Surabaya. Because to design a room requiring a perspective drawing skills. But the steps of perspective drawing not so detailed to be specifically explained, sometimes student usually has a difficult to draw during the lesson, because of that student cant make a maximum effort yet.
The purpose from this research is to give an alternative solution a prop to resolving the student’s problem during the perspective drawing lesson. This research adopt the 4D development method (Define, Design, Develop, Disseminate) by Thiagaradjan which is creating a unique new product, functional and tested that come from research problem and data collection that will be done later design in props from collected data and then validated by media expert and practitioner validator, until a try out is conducted to students.
From the research problem followed by media data collection accordingly the students need from the character and the subject matters. To determine the prop’s design concept obtained from observation, interview, pretest and quostionaire. Based on processed data, prop’s design is produced with a function to drawing two point perspective. Design made by a sketch procces, computer design, and production. Validation result represent that the props is proper to use as a supporting media perspective drawing by teaching practitioner expert with the score 84.44% and media expert result is 93.33%. Try out result represent can be used by the student with the average comparison pretest 73,5 and the post test is 87,16.