NILAI-NILAI SPIRITUALITAS RAGAM HIAS
DI KOMPLEKS MAKAM SUNAN DRAJAT
SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN KARAKTER
THE SPIRITUALITY VALUES OF ORNAMENTAL VARIETY
AT THE SUNAN DRAJAT TOMB COMPLEX
AS CHARACTER LEARNING TEACHING MATERIALS
Kompleks Makam Sunan Drajat merupakan salah satu warisan kekayaan budaya yang hadir dari masa peralihan Hindu-Islam. Ragam hias yang menghiasi berbagai bangunan dan nisan makamnya berisi nilai-nilai spiritualitas. Nilai-nilai tersebut dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) fungsi dan nilai ragam hias di kompleks Makam Sunan Drajat. (2) Nilai-nilai spiritualitas yang terkandung dalam simbol ragam hias di kompleks Makam Sunan Drajat. (3) Nilai-nilai spiritualitas ragam hias di kompleks Makam Sunan Drajat yang dapat disemaikan dan dijadikan pedoman dalam pembelajaran karakter.
Penelitian ini menggunakan pendekatan dan metode ikonografi dan ikonologi Erwin Panofsky. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, pengkodean, mengidentifikasi dan membuat tema, menginterpretasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, member checking dan memanfaatkan waktu yang relatif lama di lokasi penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ragam hias di kompleks Makam Sunan Drajat memiliki fungsi religi, yaitu sebagai ajaran (estetik), sebagai simbolik (estetik) dan sebagai penghias (artistik). Bentuk ragam hias banyak menggambarkan suasana pegunungan dan kolam teratai, bentuk motifnya menggambarkan berbagai bentuk tumbuhan, hewan, manusia, benda alam, benda yang dibuat manusia, bangunan, dan kaligrafi. Ragam hias dibuat dengan menggunakan teknik ukir timbul, teknik ukir cekung, dan teknik ukir krawangan (tembus) pada bahan material batu kapur dan kayu jati. (2) Ragam hias di kompleks Makam Sunan Drajat memiliki 37 nilai spiritualitas. Terdiri dari: (a) unsur Tuhan (a) unsur Tuhan (metakosmos), berisi nilai-nilai yang berhubungan dengan sifat dan keagungan Allah, (b) Unsur manusia (microcosmos), berisi nilai-nilai yang berhubungan dengan pencapaian manusia dalam membangun hubungan baik dengan Allah, dengan sesamanya dan dengan alam semesta dan (c) Unsur alam (macrocosmos) berisi nilai-nilai yang berhubungan dengan lestarinya alam. (3) Nilai-nilai spiritualitas ragam hias di kompleks Makam Sunan Drajat dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran karakter. Pendidik dapat menyusun bahan ajar dengan berpedoman pada konsep-konsep pembelajaran ragam hias berbasis karakter. Pendidik dapat menggunakan nilai-nilai spiritualitas ragam hias untuk mengembangkan pengetahuan moral peserta didik melalui pembelajaran seni rupa.
The Sunan Drajat Tomb Complex is one of the cultural heritages that came from the Hindu-Islamic transition period. The ornaments that adorn various buildings and tombstones contain spiritual values. These values can be used as teaching materials for character learning. This study aims to determine (1) the function and value of decoration in the Sunan Drajat Tomb complex. (2) The spiritual values contained in the decorative symbols in the Sunan Drajat Tomb complex. (3) The spiritual values of decoration in the Sunan Drajat Tomb complex that can be planted and used as guidelines in character learning.
This research uses the approach and method of iconography and iconology of Erwin Panofsky. Data collection was carried out through library research and field studies using observation, interview and documentation techniques. Data analysis is done by processing and preparing the data, reading the entire data, coding, identifying and creating themes, interpreting the data. Checking the validity of the data is done by triangulation, member checking and taking advantage of the relatively long time at the research location.
The results showed that (1) the decorations in the Sunan Drajat Tomb complex have religious functions, namely as teaching (aesthetics), as symbolic (aesthetics) and as decoration (artistic). Many decorative forms depict the atmosphere of mountains and lotus ponds, the shape of the motifs depicts various forms of plants, animals, humans, natural objects, objects made by humans, buildings, and calligraphy. The ornaments are made using embossed carving techniques, concave carving techniques, and krawangan carving techniques (translucent) on limestone and teak wood materials. (2) The decoration in the Sunan Drajat Tomb complex has 37 spiritual values. Consists of: (a) God element (a) God element (metacosmos), contains values related to the nature and majesty of God, (b) Human element (microcosmos), contains values related to human achievement in building relationships good with God, with each other and with the universe and (c) The natural element (macrocosmos) contains values related to the sustainability of nature. (3) The spiritual values of decoration in the Sunan Drajat Tomb complex can be used as teaching materials for character learning. Educators can arrange teaching materials based on the concepts of character-based decorative learning. Educators can use decorative spiritual values to develop students' moral knowledge through art learning.