PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA
ROLE OF PARENTS IN DEVELOPING EARLY LINGUISTIC VERBAL INTELLIGENCE OF EARLY AGE CHILDREN THROUGH THE STORYTELLING METHOD
Orang tua memiliki peran penting dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak, Salah satu metode yang sangat efektif dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik adalah metode cerita. Metode ini terbukti sejak dahulu sudah digunakan oleh orang tua untuk menambah kosakata anak. Orang tua memiliki peran penting dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik. Anak akan bertambah kosakatanya seiring dengan hal yang mereka lihat dan dengar. Peran orang tua sangat penting dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik dan metode bercerita sangat efektif pada era ini serta mudah dalam mencari materi misalnya melalui internet. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini yang dilakukan dengan metode cerita. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis framing, yaitu mengumpulkan teori-teori dan penelitian yang relevan dengan judul. Berdasarkan temuan dari penelitian, peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik melalui metode bercerita dapat mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini, terbukti anak usia dini mendapatkan banyak kosakata baru, seperti anak akan bertanya jika merasa ada sebuah perkataan yang tidak dapat dipahaminya. Anak lebih nyaman mengungkapkan yang ingin ditanyakan jika dengan orang tua. Pentingnya orang tua dalam mengembankan kecerdasan verbal linguistik karena orang tua pendidik yang pertama dan utama terutama bagi anak.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Kecerdasan Verbal Linguistik, Metode Bercerita.
Parents have an important role in developing children's verbal intelligence, one method that is very effective in developing verbal intelligence is the storytelling method. This method has been proven since a long time ago by parents to add to a child's vocabulary. Parents have an important role in developing verbal linguistic intelligence. Children will increase their vocabulary along with what they see and hear. The role of parents is very important in developing verbal linguistic intelligence and the method of storytelling is very effective in this day and easy to find material such as through the internet. This study aims to analyze the role of parents in developing verbal intelligence of early childhood linguistics which is done by the story method. This type of research uses qualitative methods with framing analysis, which is to gather theories and research relevant to the title. Based on the findings of the study, the role of parents in developing verbal linguistic intelligence through storytelling methods can develop verbal linguistic intelligence in early childhood, as evidenced by early childhood getting a lot of new vocabulary, such as children will ask for help what they can understand. Children are more comfortable expressing what they want to ask if they are with their parents. Parents in developing verbal intelligence because parents are first and foremost educators for children.
Keywords: The Role of Parents, Linguistic Verbal Intelligence, Storytelling Method.