Metode pembelajaran langsung digunakan pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan di SMK Negeri 3 Surabaya dengan media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis dan Lembar Kerja Siswa. Komunikasi yang terbangun selama proses pembelajaran belum tersampaikan secara utuh sehingga kurang memacu motivasi peserta didik. Siswa belum jelas dan masih ada beberapa diantara mereka yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Media maket yang dapat menarik perhatian siswa dan sekaligus mampu mewakili penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata–rata hasil belajar setelah menggunakan Media Maket konstruksi tangga beton bertulang dengan Metode Research and Development (R&D).
Jenis penelitian ini menggunakan metode Experimen dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 3 Surabaya yang berjumlah 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI DPIB I dengan jumlah 30 siswa. Teknik sampling menggunakan Sampling Purposive. Pengumpulan data menggunakan metode tes berupa pemberian tes menggambar untuk mendapatkan hasil belajar.
Hasil uji hipotesis hasil belajar menghasilkan nilai t hitung>nilai t tabel, yaitu 10,10 > 1,669; yang berarti H0 ditolak sedangkan Ha diterima, artinya rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan Media Maket dengan Metode R&D lebih besar dari KKM (>) dari 73 dan tergolong dalam criteria Baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan dengan Media Maket Konsrtuksi Tangga Beton Bertulang yang sudah tervalidasi dengan hasil Sangat Valid dan penekanan Metode R&D dalam proses belajar mengajar dapat memberikan hasil belajar siswa yang baik dan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
The direct learning method used in the subject of building construction drawings at SMK Negeri 3 Surabaya with the learning media used is the blackboard and Student Worksheet. Communication that is built during the learning process has not been conveyed in its entirety so that it does not motivate students. Therefore, students are not clear and there are still some of them who have not met the Minimum Completion Criteria that have been set. Given the existence of these problems, then used mock-up media that can attract students' attention and at the same time be able to represent the teacher's explanation. So, this study aims to determine the average learning outcomes after using Media mock-up reinforced concrete stair construction with Research and Development (R & D) Method.
This type of research uses the Experiment method with One-Shot Case Study research design. The population in this study were students of class XI DPIB 3 of SMK Negeri 3 Surabaya, while the sample in this study was class XI DPIB I with 30 students. The sampling technique uses Purposive Sampling. Data collection uses a test method in the form of giving a drawing test to get learning results.
The results of the learning outcome hypothesis test result in the value of t count> t table value, which is 10.10> 1.669; which means that H0 is rejected while Ha is accepted, meaning that the average student learning outcomes after using Media Mockup with the R & D Method are greater than KKM (>) of 73 and classified as Good criteria. Based on these results, it can be concluded by the Media of Reinforced Concrete Ladder Construction that has been validated with Very Valid results and the emphasis of the R & D Method in the teaching and learning process can provide good student learning outcomes and meet the Minimum Completion Criteria (KKM).