Penelitian pengembangan ini menghasilkan buku ajar dengan menggunakan langkah-langkah saintifik pada kegiatan inti pembelajaran. Tujuan dan penelitian ini diantaranya untuk menganilisis proses pengembangan buku ajar, menganalisis kelayakan buku ajar, serta menganalisis respon peserta didik terhadap buku ajar berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran perbankan syariah yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dikembangan oleh Thiagarajan tanpa melakukan tahap disseminate. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Perbankan Syariah SMK Negeri 1 Lamongan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil akhir rata-rata kelayakan buku oleh para ahli sebesar 85,34% dengan kategori Sangat Valid. Komponen kelayakan isi menunjukkan hasil sebesar 86,15% dengan kategori sangat valid, komponen kelayakan penyajian sebesar 82% dengan kategori sangat valid, komponen kebahasaan sebesar 84,28% dengan kategori sangat valid, serta komponen kegrafikan sebesar 88,93% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba produk juga menunjukkan bahwa buku ajar dapat menarik minat peserta didik untuk belajar, ditunjukkan dengan hasil prosentase sebesar ... dengan kategori valid.
Kata Kunci : Akuntansi Perbankan Syariah, Bahan Ajar, Buku Ajar, Pendekatan Saintifik
This development research produces textbooks using scientific steps at the core learning activities. The purpose of this study is to analyze the process of developing textbooks, analyzing the feasibility of textbooks, and analyzing students' responses to textbooks based on scientific approaches on the subjects of Islamic banking accounting developed. The type of research used is Research and Development (R & D) with the 4D development model developed by Thiagarajan without doing the disseminate stage. The subjects of this study were students of class XI Islamic Banking at SMK Negeri 1 Lamongan. The results of this study show the average results of the feasibility of textbooks by experts by 85,34% in the Very Valid category. The content feasibility component shows a result of 86,15% with a very valid category, the presentation feasibility component is 82% with a very valid category, linguistic component is 84,28% with a very valid category, and the graphics component is 88,93% with a very valid category. The results of product trials also show that textbooks can attract students' interest in learning, as indicated by the percentage of ... with valid categories.
Keywords: Islamic Banking Accounting, instructional Materials, TextBooks, Scientific Approach