REDENSART ANALYSIS ON RITTER SPORT CHOCOLATE ADVERTISIMENT
Iklan mempunyai peran penting untuk mencapai keberhasilan penjualan suatu produk perusahaan. tentunya perusahaan harus membuat sebuah inovasi periklanan yang menarik agar meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu, bahasa yang digunakan dalam iklan harus menggunakan kalimat yang memiliki arti kiasan serta bentuk permainan katanya yang menarik konsumen. Hal ini sesuai jika menggunakan ungkapan bermakna idiomatis atau Redensart. Namun, sering kali ditemukan makna-makna ambigu didalam Redensart. Makna ambigu tersebut menjadi latar belakang penelitian ini dilakukan. Ungkapan bermakna idiomatis atau Redensart perlu dianalisis lebih dalam agar pembaca tidak mengalami kesalahpa- haman dalam memahami arti dari iklan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna Redensart pada Iklan Coklat Ritter Sport. Adapun data yang diperoleh berupa 5 iklan coklat Ritter Sport yang diunduh melalui laman website Ritter Sport. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori dari Hessky/Ettinger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 macam bentuk metaphorische Redensart dan 1 bentuk remotivierbare Redensart yang ditemukan dalam iklan coklat Ritter Sport. Mengacu pada bentuknya, metaphorische Redensart ditandai dengan penggunaan konsep bagian tubuh manusia dalam penggunaan idiomnya. Sedangkan bentuk remotivierbare Redensart ditandai dengan penggambaran sebuah perbuatan atau tindakan sesuai dengan kenyataan maupun sebuah peristiwa dari pengetahuan luar bahasa. Dari segi makna, makna idiomatis dari iklan coklat Ritter Sport dapat ditemukan di dalam kamus Redensart, akan tetapi dalam pemaknaannya juga perlu interpretasi tambahan sesuai dengan konteks dalam iklan, karena banyak idiom yang sudah dimodifikasi oleh Ritter Sport demi kepentingan pengiklanan produk coklatnya.
Advertising has an important role to play in achieving the success of selling a company‟s product. Of course, the company must make an attractive advertising innovation to increase sales. Therefore, the language used in advertisements must use sentences that have figurative meanings as well as the form of wordplay that attracts consumers. This is appropriate when using idiomatic meaning expressions or Redensart. However, often ambiguous meanings are found in Redensart.. This ambiguous meaning is the back- ground of this research. Idiomatic meaning phrases or Redensart need to be analyzed more deeply so that readers do not experience misunderstandings in understanding the meaning of the advertisement. This study aims to describe the form and meaning of Redensart in Ritter Sport chocolate Ads. The data obtained were in the form of 5 Ritter Sport chocolate advertisements which were downloaded through the Ritter Sport website. This study was analyzed using the theory of Hessky / Ettinger. The results showed that there are 4 forms of metaphorische Redensart and 1 forms of remotivierbare Redensart found in Ritter Sport chocolate advertisements. Referring to its form, Redensart‟s metaphorische is characterized by the use of the concept of parts of the human body in the use of idioms. While the Redensart remotivierbare form is characterized by the depiction of an action or action in accordance with the reality or an event of knowledge outside the language. In terms of meaning, the idiomatic meaning of Ritter Sport‟s chocolate advertisements can be found in the Redensart dictionary, however, in the meaning, it also needs additional interpretation according to the context in the advertisements, because many idioms have been modified by Ritter Sport for the sake of advertising its chocolate products.