Saat ini seiring mulai diberlakukan ujian berbasis online, setiap sekolah di indonesia mengikuti ujian nasional berbasis online. Ujian nasional berbasis online dapat dilakukan menggunakan komputer atau yang biasa disebut dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dimana UNBK tersebut bisa menyebabkan kecemasan terhadap siswa kelas IX yang akan menghadapinya. Kecemasan memiliki 3 tingkat yaitu tingkat tinggi, tingkat sedang, dan tingkat rendah. Untuk mengurangi kecemasan yang dialami siswa maka dalam penelitian ini menggunakan strategi Stress Inoculation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penurunan tingkat kecemasan siswa kelas IX SMPN 1 Kamal antara sebelum dan sesudah diterapkannya strategi Stress Inoculation. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan desain penelitian pre-experimental design, dan metode yang digunakan adalah one group pre-post-test. Subyek penelitian ini adalah empat siswa kelas IX-C yang memiliki skor kecemasan UNBK tinggi. Hasil analisis pre-test dan post-test dengan uji wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan skor antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Dengan demikian strategi Stress Inoculation dapat membantu siswa kelas IX mengurangi kecemasan menghadapi UNBK.
Kata kunci : Stress Inoculation, Kecemasan, UNBK
Commonly, some school in indonesia followed online based national examination. It could be conducted through computer, and it was commonly called as UNBK (computer based national examination). This situation caused anxiety for student in 9th grade that would face it. Anxiety has three levels such as high, average, and low levels. For reducing students anxiety this research used stress inoculation strategy. The goal of this research was to know the decreasing level of students anxiety in 9th grade of junior high school 1 kamal. It implemented the stress inoculation strategy for seeing the result between pre and post tests. This research belonged quantitative research and the type was pre-experimental design. It used one group pre-post-test as the method. The subject of this research was 4 students in class IX-C that had high scores in anxiety toward UNBK. The result of pre and post tests were analyzed by using wilcoxon test to know the different score between pre and post test. It was done after the students got treatment. Thus, stress inoculation strategy could help to reduce students anxiety in 9th grade when they faced UNBK.
Keywords : stress inoculation strategy, anxiety, UNBK