KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELOMPOK BERMAIN MAMBAUL ULUM
PARENT AND TEACHER COOPERATION IN IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES IN MAMBAUL ULUM PLAYGROUP
Keberhasilan dalam pembelajaran salah satunya di pengaruhi oleh suasansa belajar yang berkualitas. Suasana belajar yang berkualitas dapat diwujudkan dengan adanya kerjasama antara guru dan orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk kerjasama orang tua dengan guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelompok Bermain Mambaul Ulum, hambatan-hambatan dan upaya yang dilakukan sekolah Kelompok Bermain Mambaul Ulum untuk mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan subjek penelitian kepala sekolah, tiga guru dan orang tua peserta didik Kelompok Bermain Mambaul Ulum. Dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) bentuk kerjasama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu parenting, komunikasi, volunteer, keterlibatan orang tua pada pembelajaran anak di rumah, pengembilan keputusan dan kolaborasi dengan kelompok masyarakat. (2) hambatan-hambatan yang terjadi disebabkan oleh waktu, pandangan orang tua tentang guru, rasa percaya diri orang tua masih rendah dan masih terbatasnya kemampuan dan pemahaman guru dan orang tua tentang kerjasama. (3) upaya sekolah dalam mengatasi hambatan meliputi: memberikan pemahaman kepada guru dan orang tua terkait kerjasama antara orang tua dan guru, melibatkan orang tua dalam perencanaan program dan metode yang tepat untuk berkomunikasi dengan orang tua.
One of the successes in learning is influenced by the quality of learning atmosphere. Quality learning atmosphere can be realized by the collaboration between teachers and parents. The purpose of this study is: to describe and analyze the forms of collaboration between parents and teachers in improving the learning outcomes of students of the Mambaul Ulum Play Group, obstacles and efforts made by the Mambaul Ulum Play Group school to overcome the obstacles that occur. In this study using qualitative methods, with the subject of research by the principal, three teachers and parents of students of the Mambaul Ulum Play Group. In collecting data using interviews, observation and documentation. The results of this study are (1) the form of cooperation between teachers and parents in improving student learning outcomes, namely parenting, communication, volunteering, parental involvement in children's learning at home, decision-making and collaboration with community groups. (2) the obstacles that occur are due to time, parents 'views about teachers, their parents' confidence is still low and their teachers 'and parents' abilities and understanding of collaboration are still limited. (3) school's efforts in overcoming obstacles include: providing understanding to teachers and parents related to cooperation between parents and teachers, involving parents in program planning and appropriate methods for communicating with parents.