PERANCANGAN DESAIN KARAKTER SENJATA TRADISIONAL UNTUK GAME VISUAL NOVEL BERBASIS POWERPOINT
TRADITIONAL WEAPON CHARACTER DESIGN FOR POWERPOINT-BASED VISUAL NOVEL GAMES
Senjata tradisional atau artefak merupakan salah satu kekayaan budaya bagi setiap negara. Contohnya di Indonesia, artefak yang ada memiliki berbagai macam jenisnya sesuai dengan daerah masing-masing. Saat dilakukan sebuah survey ada beberapa yang belum mengetahui artefak yang ada. Demi menarik minat untuk mengenal macam artefak yang ada, mengenalkan sebuah artefak dengan mewujudkannya dalam bentuk lain dalam menarik minat masyarakat menjadi sebuah pilihan. Pembuatan desain karakter untuk sebuah benda, negara, artefak dan sebagainya mulai bermunculan untuk menarik minat masyarakat lebih mempelajari atau lebih mengenal hal tersebut. Contohnya seperti pada desain karakter yang menggambarkan setiap artefak yang ada di jepang dalam game “Touken Ranbu Poket”. Hal ini didukung dengan semakin berkembangnya media perkenalan desain karakter seperti melalui game. Antara lain dalam game berjenis visual novel. Menggunakan metode kualitatif dalam pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis, diketahui para memain game visual novel, khususnya untuk wanita menggemari setiap penggambaran akan desain karakter dari sebuah artefak atau hal yang lain. Pembuatan game ini menggunakan media powerpoint yang diaplikasikan pada laptop, diharapkan lebih mempermudah dalam penyebarannya dan menambah minat masyarakat dengan karakter yang di tampilkan pada game visual novel.
Traditional weapons or artifacts are one of the cultural treasures of every country. For example, in Indonesia, there are various types of artifacts in accordance with their respective regions. When a survey was conducted there were some who did not know the artifacts that existed. In order to attract interest in getting to know the types of artifacts that exist, introducing an artifact by manifesting it in other forms to attract public interest is an option. Making character designs for objects, countries, artifacts and so on began to emerge to attract people's interest to learn more or know more about them. For example, in the character design that describes every artifact that exists in Japan in the game "Touken Ranbu Poket". This is supported by the development of media for introducing character designs such as through games. Among other things in the game visual novel type. Using qualitative methods in data collection. Based on the results of the analysis, it is known that visual novel gamers, especially women, like every depiction of the character design of an artifact or other thing. Making this game using powerpoint media that is applied to a laptop, is expected to make it easier to spread and increase public interest with the characters displayed in the visual novel game.