ABSTRAK
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN EGRANG MODIFIKASI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK GRIYA TARUNA JOMBANG
Nama : Rahma Ulhi Artha
NIM : 13010684096
Jurusan : S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes
Berdasarkan hasil penelitian awal kemampuan motorik kasar anak kelompok A di TK Griya Taruna masih belum berkembang optimal,sehingga perlu upaya peningkatan kemampuan tersebut, yaitu melalui permainan egrang modifikasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan egrang modifikasi pada anak kelompok A di TK Griya Taruna Jombang.
Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah anak kelompok A di TK Griya Taruna Jombang yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan penelitian adalah jika nilai sudah mencapai minimal 80%, yakni anak sudah mampu berjalan kedepan dengan seimbang menggunakan egrang modifikasi.
Kemampuan kemampuan motorik kasar melalui permainan egrang modifikasi mengalami peningkatan pada setiap pertemuan yaitu, kemampuan motorik kasar anak dari siklus I pertemuan 1 dan 2 yaitu dari 31,25% menjadi 50%. Pada siklus II pertemuan 1 dan 2 meningkat dari 68,75% menjadi 81,25%.Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa permainan egrang modifikasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A di TK Griya Taruna Jombang. Jadi penelitian ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai nilai > 80%, karena anak sudah mampu berjalan kedepan dengan seimbang dalam jarak 2 meter menggunakan egrang modifikasi.
Kata Kunci : Motorik kasar, permainan, egrang modifikasi
ABSTRACT
IMPROVEMENT OF RUDE MOTOR CAPACITY THROUGH EGRANG GAME MODIFICATION IN CHILDREN GROUP A IN GRIYA TARUNA JOMBANG
Name : Rahma Ulhi Artha
Department : S1 Teacher Education Early Childhood Education
Faculty : Science of EducationName of Institute : University Of Surabaya
Advisor : Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes
Based on the results of preliminary observations it is known that gross motoric ability is still not optimally developed, it is known based on the gross motoric observation of the child through balance training activities. So that efforts need to be made to increase these capabilities, namely through a modified stilts game. This study aims to determine the increase in gross motor skills through a modified staging game in group A children in the Griya Taruna Jombang Kindergarten.
This research is a classroom action research conducted in 2 cycles. The subjects of this class action research were group A children in the Griya Taruna Jombang Kindergarten totaling 16 children. The technique of collecting data uses observation and documentation. The criteria for the success of the study are if the value has reached a minimum of 80%.
The ability of gross motor skills through modification stilts has increased in each meeting, namely as follows: The gross motor skills of children from the first cycle of meetings 1 and 2 are from 31.25% to 50%. In the second cycle of meetings 1 and 2 increased from 68.75% to 81.25%.
Thus it can be stated that the modified stilts game can improve the gross motor skills of group A children in the Griya Taruna Jombang Kindergarten. So this study was declared successful because it had reached a value of> 80%
Keywords: Rugged Motorics, Games, Modified Stilts