HASIL PENGGUNAAN BUKU NETZWERK A2 TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAMAN
RESULTS OF USING THE NETZWERK A2 ON READING SKILLS OF STUDENTS OF CLASS X SMA NEGERI 1 TAMAN
Kemampuan yang harus dikuasai untuk berkomunikasi adalah bahasa. Menurut Tarigan (2015: 10) keterampilan membaca yang baik merupakan penunjang keberhasilan dalam hal-hal lainnya. Hal serupa juga disampaikan oleh Nutall (2008: 11) bahwa membaca adalah bagian dari proses membaca pemahaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) bagaimana hasil belajar penggunaan buku Netzwerk dalam keterampilan membaca bahasa Jerman? 2) bagaimana hasil belajar penggunaan buku Deutsch ist einfach dalam keterampilan membaca bahasa Jerman? 3) bagaimana perbandingan hasil belajar keterampilan membaca bahasa Jerman terhadap penggunaan buku Netzwerk dan Deutsch ist einfach? Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) untuk mengetahui hasil belajar penggunaan buku Netzwerk dalam keterampilan membaca bahasa Jerman, 2) untuk mengetahui hasil belajar penggunaan buku Deutsch ist einfach dalam keterampilan membaca bahasa Jerman, dan 3) untuk mengetahui perbandingan hasil belajar keterampilan membaca bahasa Jerman terhadap penggunaan buku Netzwerk dan Deutsch ist einfach. Hasil rata-rata pretest dan posttest yang diperoleh pada kelas eksperimen, yaitu 76,29 dan 94,6 dengan selisih rata-rata kedua hasil tersebut adalah 18.31, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata pretest sebesar 66,57 dan posttest sebesar 77 dengan selisih rata-rata 10,43. Dengan membandingkan hasil rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh selisih rata-rata posttest kedua kelas sebesar 17,6. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa 1) penggunaan buku pembelajaran Netzwerk dalam pembelajaran memberikan dampak baik secara signifikan terhadap hasil belajar keterampilan membaca mata pelajaran bahasa Jerman kelas X SMAN 1 Taman; 2) penggunaan buku pembelajaran Deutsch ist einfach dalam kegiatan belajar mengajar memberikan dampak baik terhadap hasil belajar keterampilan membaca mata pelajaran bahasa Jerman kelas X SMAN 1 Taman; 3) perbandingan hasil belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara kelas X MIPA 1 dan X Bahasa diperoleh hasil bahwa penggunaan buku pembelajaran Netzwerk yang diterapkan pada kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih besar dari pada penggunaan buku pembelajaran Deutsch ist einfach.
Language is an ability that must be mastered to communicate. According to Tarigan (2015: 10) good reading skills are a support for success in other things. Nutall (2008: 11) also stated that reading is part of the reading comprehension process. The formulation of the problem in this research, namely: 1) how are the learning outcomes of using Netzwerk in German reading skills? 2) how are the learning outcomes of using Deutsch ist einfach in German reading skills? 3) how do the learning outcomes of German reading skills compare with the use of Netzwerk and Deutsch ist einfach? The objectives of this research are 1) to determine the learning outcomes of using the Netzwerk in German reading skills, 2) to determine the learning outcomes of using the Deutsch ist einfach in German reading skills, and 3) to compare the results of learning reading skills in German. Germany against the use of the Netzwerk and Deutsch books ist einfach. The average results of the pretest and posttest obtained in the experimental class, namely 76.29 and 94.6 with the average difference between the two results is 18.31. In the control class, the average pretest was 66.57 and posttest of 77 with an average difference of 10.43. By comparing the average results of the experimental class posttest and the control class obtained an average difference of posttests of the two classes of 17.6. This indicates that the average posttest value of the experimental class is greater than the control class. Then it can be concluded that 1) the use of Netzwerk learning books in learning has a significant good impact on the learning outcomes of reading skills in German subjects class X SMAN 1 Taman; 2) the use of Deutsch ist einfach learning books in teaching and learning activities has a good impact on the learning outcomes of german reading skills class X SMAN 1 Taman; 3) Comparison of the results of learning German reading skills between class X MIPA 1 and X Bahasa obtained the result that the use of Netzwerk learning books applied to experimental classes obtained greater results than the use of learning books Deutsch ist einfach.