Persepsi Siswa tentang Membaca Buku Cerita Digital "Let's Read": Dalam Konteks Siswa EFL SMP
Students' Perceptions on Reading Digital Storybook "Let's Read": EFL Junior High School Context
Membaca merupakan salah satu keterampilan bahasa Inggris yang penting untuk menyerap informasi baru dan memperkuat ingatan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa setelah membaca buku cerita digital bahasa Inggris “Let's Read” selama pembelajaran online. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas 9 SMP yang terdiri dari 12 laki-laki dan 13 perempuan. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen kuesioner terbuka dan wawancara semi terstruktur untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan persepsi positif bahwa “Let's Read” merupakan situs web yang menarik dan portabel. Persepsi siswa berdasarkan aspek sensasi dan perasaan menunjukkan bahwa “Let’s Read” mudah digunakan sehingga siswa merasa senang saat membaca. Berdasarkan aspek pengalaman, siswa merasa familiar karena ilustrasi cerita yang unik. “Let's Read” terbukti mempengaruhi motivasi siswa lebih giat membaca untuk mencapai impiannya. Kesulitan yang di hadapi siswa yaitu koneksi internet dan kosakata sulit. Untuk mengatasi masalah tersebut siswa mengunduh cerita dahulu dan menggunakan google translate.
Reading is one of the important English skills that students need to absorb new information and strengthen existing memories. This study aims to determine students' perceptions after reading the English digital storybook "Let's Read" during online learning. This study involved 25 students from 9th grade Junior High School consisting of 12 boys and 13 girls. The researcher used a qualitative study using open-ended questionnaires and semi-structured interviews to collect the data. The results showed that most students positively perceived that "Let's Read" is an engaging and portable website. Regarding sensations and feelings, it shows that "Let's Read" is easy to use and makes students feel happy to read. Regarding experiences, students are familiar because the illustrations are unique. "Let's Read" affects students' motivation to be active in reading to reach their dreams. Students' difficulties come from internet connections and challenging vocabulary. To solve the problem, students download the story and use google translate.