ABSTRAK
PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE)
PRISMA ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN
Nama : Erni Okdiantari
NIM : 14010684002
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dewi Komalasari, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif khususnya mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun yang digunakan di TK Rina, TK Permata dan TK Tunas Bangsa II. Sehingga peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan APE yang dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran. APE yang dikembangan adalah prisma angka, dengan mendeskripsikan kemampuan mengenal lambang bilangan dari indikator mengurutkan lambang bilangan 1-10, memasangkan lambang bilangan 1-10 sesuai dengan jumlah benda dan menuliskan lambang bilangan 1-10.
Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) menggunakan pengembangan Borg & Gall. Penelitian melalui tahapan penelitian terhadap poduk yag telah ada, perencanaan pegembangan produk, validasi desain, ujicoba lapagan awal, revisi hasil ujicoba, ujicoba lapangan utama dan revisi akhir. Uji ccoba secara terbatas dilakukan pada 13 anak di TK Tunas Bangsa II Surabaya dan ujicoba lapangan utama diakukan pada 5 lembaga yaitu di TK Tunas Bangsa I, TK Rina, TK Tunas Bangsa II, TK Kuncup Lestari dan TK Permata dengan jumlah seluruh anak adalah 67 anak.
Hasil uji validasi produk dengan ahli materi dan ahli media, diperoleh hasil nilai rata-rata 95% dari ahli materi dan nilai rata-rata 90% dari ahli media. Data uji normalitas menggunakan uji liliefers spss. Hasil dari uji normalitas lilifers diperoleh data berdistribusi tidak normal sehingga dilanjutkan menggunakan uji wilcoxon. TK Tunas bangsa diperoleh data thitung (-9,626) < ttabel (-2,533) atau sig. (0,000) < α (0,05). TK Rina diperoleh data thitung < ttabel (0<65), TK Kuncup Lestari diperoleh data thitung < ttabel (0<25), TK Tunas Bangsa II diperoleh data thitung < ttabel (0<73) dan TK Permata diperoleh data thitung < ttabel (0<10). Pengambilan keputusan adalah Ho ditolak Ha diterima. Kesimpulannya adalah bahwa alat permaianan edukatif prisma angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal kognitif anak khususnya mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun.
Kata kunci : Alat permaianan edukatif, kemampuan lambang bilangan
ABSTRACT
DEVELOPMENT OF PRISMA ANGKA EDUCATIVE GAME TOOLS (APE) TO IMPROVE COGNITIVE SKILLS OF CHILDREN AGED 4-5 YEARS
Name : Erni Okdiantari
ID : 14010684002
Study Program : S-1
Department : Teacher Education for Early Childhood Education
Faculty : Faculty of Education
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : Dewi Komalasari, S.Pd., M.Pd
This research is motivated by a lack of variations in learning media to improve cognitive skills, especially recognizing the symbol of the number of children aged 4-5 years used in TK Rina, TK Permata and TK Tunas Bangsa II. Thus this researcher aims to develop APE that can be applied to learning activities. The developed APE is a prisma angka describing the ability to recognize the number symbol of the indicator sorting numbers 1-10, pairing symbols 1-10 according to the number of objects and writing the symbols number 1-10.
This research was done using Research and Development (R&D) using the development of Borg & Gall. Research through the stages of research on existing products, product development planning, design validation, preliminary trials, revised trial results, main field trials and final revisions. A limited trial was conducted on 13 children at TK Tunas Bangsa II Surabaya and the main field trials were conducted in 5 institutions, namely at TK Tunas Bangsa I, TK Rina, TK Tunas Bangsa II, TK Kuncup Lestari and TK Permata with a total of 67 children.
The results of product validation tests with material experts and media experts, the results obtained an average value of 95% of material experts and an average value of 90% of media experts. Normality test data was using the SPSS liliefers test. The results of the lilifers normality test obtained abnormal distribution data that it continued using the Wilcoxon test. TK Tunas Bangsa obtained data of tcount (-9,626) < ttable (-2,533) or sig. (0,000) < α (0,05). TK Rina obtained data of tcount < ttable (0<65), TK Kuncup Lestari obtained data of tcount < ttable (0<25), TK Tunas Bangsa II obtained data of tcount < ttable (0<73) and TK Permata obtained data of tcount < ttable (0<10). Decision making is Ho refused Ha accepted. The conclusion is that eprisma angka educational equipment can improve the ability to recognize cognitive children, especially knowing the symbol of numbers in children aged 4-5 years.
Key words: Educational game tools, number symbol abilities