EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-COMMERCE DALAM MENUNJANG PENYERAPAN ZAKAT STUDI KASUS LAZ AL-AZHAR
EFFECTIVENESS OF USING E-COMMERCE IN SUPPORTING ZAKAT ADOPTION OF THE LAZ AL-AZHAR CASE STUDY
Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Pada tahun 2020 jumlah penduduk yang beragama Islam mencapai 87,18 persen. Salah satu rukun Islam adalah berzakat, tetapi menurut penelitian BAZNAS, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Islamic Development Bank (IDB) (2015), Indonesia memiliki potensi zakat sebesar 217 triliun rupiah, tetapi pada tahun 2007 BAZNAS melaporkan zakat yang terserap hanya sebanyak Rp. 450 miliar dan meningkat pada tahun 2013 menjadi Rp. 2,73 trilliun atau hanya sekitar 1 % dibandingkan dengan potensi zakat nasional. Salah satu LAZ yang melakukan kerja sama dengan e-commerce untuk penghimpunan zakat adalah LAZ Al-Azhar. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui apakah fitur pembayaran zakat di e-commerce sudah efektif pada studi kasus LAZ Al-Azhar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode fenomenologi yang berdasarkan peristiwa dari masyarakat. Dalam penelitian ini teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dan triangulasi sumber data digunakan sebagai validitas data. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa fitur pembayaran zakat di e-commerce pada studi kasus LAZ Al-Azhar sudah efektif. Meskipun dinilai sudah efektif, tetapi masih banyak hal yang perlu ditingkatkan lagi seperti edukasi kepada masyarakat terkait adanya fitur tersebut sehingga penyerpan zakat melalui e-commerce akan menjadi semakin maksimal.
Kata Kunci : zakat, e-commerce, Al-Azhar, efektivitas
Indonesia is a country with the largest Muslim population in the world. In 2020 the total population of Muslims reached 87,18 percent. One of the pillars of Islam is zakat, but according to research by BAZNAS, the Bogor Agricultural Institute (IPB) and the Islamic Development Bank (IDB) (2015), Indonesia has the potential for zakat of 217 trillion rupiah, but in 2007 BAZNAS reported that zakat absorbed was only Rp. 450 billion and increased in 2013 to Rp. 2.73 trillion or only about 1% compared to the national zakat potential. One LAZ that collaborates with e-commerce to collect zakat is LAZ Al-Azhar. This research aims to determine whether the zakat payment feature in e-commerce is effective in the LAZ Al-Azhar case study. This research is a qualitative research and uses phenomenological methods based on events from society. In this study, the technique of taking the subject in this study used purposive sampling and data collection techniques in the form of interviews, and triangulation of data sources was used as data validity. The results of this study state that the zakat payment feature in e-commerce in the LAZ Al-Azhar case study is effective. Even though it is considered effective, there are still many things that need to be improved, such as educating the public regarding this feature so that the distribution of zakat through e-commerce will be maximized.
Keyword : zakat, e-commerce, Al-Azhar, efectivity