Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan
sebuah media
pembelajaran interaktif berbasis
software
Articulated Storyline yang
layak berdasar kan aspek kevalidan , kepraktisan , dan keefektifan. Media pembelajaran
ini diperuntukan sebagai media pendamping proses belajar dalam memahami materi
pembelajaran instalasi penerangan jalan umum pada mata pelajaran Instalasi
Penerangan Listrik.
Metode yang
digunakan p ada penelitian
pengembangan ini adalah
R&D , yang terdiri dari
tujuh tahapan ya kni
potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi
desain, uji coba produk, serta analisis dan pelaporan. Sub y ek penelitian ini adalah 3 validator
ahli, 1 guru dan 32
peserta didik kelas
XII TITL 1 SMKN 3 Surabaya.
Hasil dari penelitian
ini memperlihatkan
kelayakan media pembelajaran pada aspek validitas yang ditinjau dari hasil skor
rerata validasi media pembelajaran 84,03%, materi pembelajaran 87,50%, dan
butir soal 94,58% dapat dikategorikan sangat valid. Pada aspek kepraktisan
ditinjau dari angket respon siswa mendapatkan rerata rating sebesar 92,68% dan angket respon guru mendapatkan
rerata rating sebesar 86,11% maka d apat
dikat egorikan sangat
praktis. Pada aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa ranah
kognitif diuji menggunakan uji Wilcoxon
didapatkan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar
0.00 < 0.05 yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil
belajar posttest siswa , dengan demikian media pembelajaran
ini dikategorikan sangat
efektif. D apat
di tarik simpulan bahwa sanya media pembelajaran interaktif software Articulated Storyline layak
untuk digunakan sebagai media penunjang belajar siswa dalam meningkatkan hasil
belajar pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran,
Articulate Storyline, R&D, Penerangan
Jalan Umum.