Proses Konstruksi Hubungan Antar Bangun Segiempat Berbasis Teori APOS Berbantuan Software GeoGebra
Pemahaman siswa terkait hubungan antar segiempat yang rendah mengindikasikan adanya masalah pada proses konstruksi konsep segiempat. Proses konstruksi siswa dapat dibantu dengan penerapan teori APOS dalam materi geometri, selain itu dapat mengembangkan pengetahuan geometri lebih abstrak melalui penggunaan representasi geometri yang tepat. Masih belum banyak penelitian yang melibatkan teknologi pada proses konstruksinya, hal tersebut yang menjadikan peneliti tertarik untuk mengimplementasikan software GeoGebra.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan proses konstruksi siswa tentang hubungan antar bangun segiempat berbantuan GeoGebra. Subjek dari penelitian ini adalah tiga siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Tuban. Untuk mengungkap proses konstruksi siswa mengenai hubungan antar bangun segiempat, peneliti membuat tes pengetahuan, tes konstruksi, dan dilakukan wawancara kepada siswa dengan peningkatan pengetahuan rendah, sedang, dan tinggi.
Hasil dari penelitian ini mengungkapkan, dengan bantuan GeoGebra (1) subjek mampu menentukan karakteristik masing-masing bangun segiempat dengan lebih kompleks dan menspesialisasi bangun segiempat, (2) subjek mampu menentukan beberapa hubungan segiempat namun subjek belum mampu menggunakan kemampuan pengklasifikasian bangun segiempat. Kendala yang dihadapi subjek pada saat mengoperasikan GeoGebra seperti kurangnya kecakapan subjek dan keterbatasan waktu.
Students' low understanding of relationship between quadrilaterals indicates a problem in the construction process of quadrilateral concepts. The construction process of students can be assisted by the application of APOS theory in geometry, besides that it can develop an abstract geometry knowledge through the use of appropriate geometry representations. There are studies that isn’t involve technology in the construction process, which makes researchers interested in implementing GeoGebra software. This research is qualitative research that aims to reveal the students' construction process about relationship between quadrilateral assisted by GeoGebra. The subjects of this study were three 8th grade SMP Negeri 1 Tuban. To reveal the students' construction process regarding the relationship between quadrilateral, the researcher made a knowledge test, construction test, and conducted interviews for students with poor, intermediate, and high knowledge improvement. The results of this study revealed that with the help of GeoGebra (1) the subject is able to determine the characteristics of each quadrilateral in a more complex manner and specializes in quadrilaterals, (2) the subject is able to determine several quadrilateral relationships but the subject has not been able to use the ability to classify quadrilaterals. There are obstacles faced by the subject such as lack of subject ability and limited time when processing GeoGebra.