Managerial Competence, Social Competence and Personality Competence of Head of UPT in Building Youth Excellence (Study in Surabaya Polytechnic and Makassar Polytechnic)
Dhian Supardam, SE., MM, NIM 170170976018. 2020. “Kompetensi Managerial, Sosial dan Kepribadian Kepala UPT dalam Membangun Keunggulan Taruna (Studi di Poltekbang Surabaya dan Poltekbang Makassar)”. Promotor (1) : Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd., dan (2) Prof. Dr. Muhari.
Kata Kunci : Kompetensi Managerial, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian, Keunggulan Taruna, Poltekbang Surabaya, Poltekbang Makassar.
Pentingnya tenaga pendidik yang merupakan penanggungjawab pendidikan pada lembaga tersebut di tuntut untuk menyelenggrakan pendidikan secara benar dan akurat sesuai dalam visi dan misi lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis kompetensi managerial, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian Tenaga Pendidik dalam membangun keunggulan Taruna di Poltekbang Surabaya dan Poltekbang Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan dengan menggunakan metode penelitian evaluasi. Jenis penelitian evaluasi ada dua yaitu sumatif dan formatif. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah kompetensi kepala UPT dalam membangun keunggulan taruna di Poltekbang Surabaya pada aspek kompetensi managerial, sosial dan kepribadian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data adalah Triangulasi. Triangulasi metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi partisipan, wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan bahwa (1) Kompetensi managerial terlihat adanya perencanaan, penataan dan koordinasi terhadap pengasuh taruna dapat membentuk perkembangan kemampuan akademik, non-akademik dan kedisiplinan taruna; (2) Kompetensi sosial menunjukkan bahwa pengasuh dan tenaga pendidik memiliki kompetensi sosial yang baik yang terlihat dari kerjasama yang baik dalam membina taruna, tenaga pendidik juga berpartisipasi dalam membina taruna, serta terdapat kepekaan tenaga pendidik terhadap perkembangan individu taruna; (3) Kompetensi kepribadian terlihat bahwa tenaga pendidik telah melakukan beberapa hal dalam membangun kompetensi kepribadian seperti mengikuti pelatihan guna mengembangkan diri agar dapat meningkatkan kontribusinya dalam membangun taruna yang unggul.
Dhian Supardam, SE., MM, NIM 170170976018, “Managerial Competence, Social Competence and Personality Competence of Head of UPT in Building Youth Excellence (Study in Surabaya Polytechnic and Makassar Polytechnic)”. Promotor (1) : Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd dan (2) Prof. Dr. Muhari.
Keywords : Managerial Competence, Social Competence, Personality Competence, Youth Excellence, Poltekbang Surabaya, Poltekbang Makassar.
The importance of educators who are responsible for education at these institutions is demanded to carry out education correctly and accurately in accordance with the vision and mission of the institution. This study aims to describe and analyze managerial competence, social competence and personal competence of Educators in building the cadets superiority in the Poltekbang Surabaya and Poltekbang Makassar.
This research is a policy research which uses evaluation research method. There are two types of evaluation research, namely summative and formative. The nature of this research is a descriptive qualitative. The object of this research is the competence of the head of Technical Implementation Unit in building the superiority of cadets from Surabaya Aviation Polytehnic in managerial, social and personality competency aspects. The data analysis technique used in this research is a descriptive qualitative analysis technique. The validity of the data is Triangulation. In this research, the triangulation data collection method used are participant observation, in-depth interviews and documentation studies.
It can be concluded from the results of this research that (1) managerial competence shows that there is planning, structuring and coordination with the caregivers of cadets who can shape the development of academic, non-academic and disciplinary abilities of the cadets; (2) social competence shows that caregivers and educators have good social competence as seen from the good cooperation in developing the cadets where educators also participate in developing cadets and have sensitivity towards towards the development of individual cadets; (3) personality competence can be seen from how educators perform in building personality competence such as attend trainings to develop themselves in order to increase their contribution in building excellent cadets