RANCANG BANGUN ALAT MONITORING KERJA SENSOR PADA SEPEDA MOTOR INJEKSI
DESIGN AND DEVELOPMENT OF SENSOR WORK MONITORING EQUIPMENT ON INJECTION MOTORCYCLE
Nama : Heni Musvita Sari
NIM : 17050423020
Program Studi : D3 Teknik Mesin
Konsentrasi : Otomotif
Jurusan : Teknik Mesin
Program : Vokasi
Nama Lembaga : Univeritas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. A. Grummy Wailanduw, M.Pd., M.T.
Di era modern saat ini kendaraan bermotor terutama pada sepeda motor sudah di dominasi alat–alat elekronik. Sistem elektronik pada otomotif biasanya menggunakan ECU (Electronic Control Unit), merupakan kontrol digital oleh komputer mikro yang memungkinkan pembentukan proses informasi dengan cepat dan sangat akurat. ECU menghitung volume injeksi (panjang injeksi) sesuai dengan sinyal yang di perintahkan. Sensor–sensor ini mendeteksi volume udara yang masuk, putaran mesin, beban mesin, suhu udara dan pendinginan mesin, akselerasi/deselarasi dan mengirim sinyal–sinyal ke ECU. ECU juga dapat mendeteksi kerusakaan pada sistem kelistrikan di kendaraan bermotor terutama di sepeda motor melalui sensor–sensor di mesin sepeda motor. Dan juga dapat mengetahui sistem elektronik pada sepeda motor sangat diperlukan supaya pengguna/pengendara sepeda motor dapat memperbaikinya untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem atau perangkat yang dapat memonitoring performa sistem elektronik pada kendaran bermotor terutama di sepeda motor, secara real time melalui pogram tampilan serial menggunakan microkontroler Arduino Nano dan menyimpan data di Excel.
Metode yang digunakan dalam Rekayasa ini adalah menggunakan rangka dengan dimensi panjang 384 mm dan lebar 264 mm dengan tinggi 102 mm. Dengan menggunakan mikrocontroler. Mekanisme alat yaitu menggolah data dari sensor–sensor kemudian data tersebut di olah menggunakan mikrocontroler menjadi sebuah data yang keluarannya bisa ke LCD atau Lampu atau ke excel dengan bantuan program pihak ketiga yaitu PLX DAQ.
Hasil dari rekayasa ini menunjukan bahwa untuk nilai standart pengukuran kadar O2 yang dihasilkan dari rekayasa ini pada sepeda motor injeksi masih jauh seperti alat yang ada dipasaran, dikarenakan ada perbedaan satuan pada alat monitoring kerja sensor pada sepeda motor injeksi dengan alat yang ada dipasaran. Dan hasil dari rekayasa ini untuk pengukuran suhu ada perbedaan posisi pengukuran di alat monitoring kerja sensor pada sepeda motor injeksi berada pada kepala silinder, sedangkan di alat pemanding yang di ukur EOT.
Kata kunci : arduino nano, sensor–sensor, elektronik control unit (ECU).
Name : Heni Musvita Sari
Study Program : D3 Mechanical Engineering
Concentration : Automotive
Department : Mechanical Engineering
Program : Vocational
Name of Institution : State University Of Surabaya
Guide : Dr. A. Grummy Wailanduw, M.Pd., M.T.
In today's modern era motor vehicles, especially on motorcycles, have been dominated by electronic devices. Automotive electronic systems typically use ECU(Electronic Control Unit),a digital control by a microcomputer that allows the formation of information processes quickly and highly accurately. The ECU calculates the injection volume (length of injection) according to the signal instructed. These sensors detect incoming air volume, engine rotation, engine load, air temperature and engine cooling, acceleration/decelaration and send signals to the ECU. ECU can also detect damage to the electrical system in motor vehicles, especially in motorcycles through sensors in motorcycle engines. And also be able to know the electronic system on a motorcycle is needed so that users / motorcyclists can fix it for that the purpose of this research is to create a system or device that can monitor the performance of electronic systems on motor vehicles, especially in motorcycles, in real time through serial display programs using arduino nano microcontrollers and store data in Excel.
The method used in this engineering is to use a frame with a length dimension of 384 mm and a width of 264 mm with a height of 102 mm. Using a microcontroller. The mechanism of the tool is to process data from sensors and then the data is processed using a microcontroller into a data whose output can be to LCD or Lamp or to excel with the help of a third-party program, namely PLX DAQ.
The results of this engineering show that for the standard value of measurement ofO2 levels resulting from this engineering in injection motorcycles is still far from the tool in the market, because there are unit differences in the sensor work monitoring tool on injection motorcycles with tools in the market. And the results of this engineering for temperature measurement there is a difference in the measurement position in the sensor work monitoring tool on the injection motorcycle is on the cylinder head, while in the EOT measuring device.
Keywords: arduino nano, sensor-sensor, electronic control unit (ECU).