PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DI DINAS PENDIDIKAN KOTA MADIUN
IMPLEMENTATION OF GOOD GOVERNANCE PRINCIPLES IN DINAS PENDIDIKAN MADIUN CITY
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip good governance di Dinas Pendidikan Kota Madiun. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan ini digunakan untuk mencari dan memahami strategi yang diterapkan dalam terwujudnya data yang tampak (pemerintahan yang baik). Metode yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini terdiri dari tiga macam antara lain observasi partisipasi pasif, wawancara semistruktur, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pendidikan Kota Madiun telah menerapkan prinsip-prinsip good governance. Dinas Pendidikan dalam menumbuhkan partisipasi masyarakat melakukan berbagai upaya. Upaya yang dilakukan ini seperti memberikan sarana atau media bagi masyarakat untuk memberikan masukan, kritik ataupun saran bagi Dinas
Pendidikan Kota Madiun. Sarana atau media yang bisa di gunakan oleh masyarakat adalah telpon, e-mail dan kotak saran.Penerapan prinsip-prinsip good governance perlu di tingkatkan pada prinsip kesetaraan. Pada prinsip kesetaraan belum ada program yang terlaksana secara konkrit. Selain itu pada prinsip partisipasi, Dinas Pendidikan Kota Madiun perlu menambah media bagi masyarakat dalam memberikan masukan sehingga dapat memudahkan masyarakat.
Kata Kunci : Good Governance, Pendidikan
Abstract
The purpose of this study was to determine the application of the principles of good governance in the Madiun City Education Office. This research will be conducted using a qualitative approach, this approach is used to find and understand the strategies applied in the manifestation of visible data (good governance). The method used is descriptive. Data collection techniques in qualitative research consisted of three types, including passive participation observation, semistructured interviews, and documentation studies. The results showed that the Madiun City Education Office had implemented the principles of good governance. The Education Office in fostering community participation has made various efforts. These efforts include providing a means or media for the public to provide input, criticism or suggestions for the Agency Madiun City Education. The means or media that can be used by the community are telephone, e-mail and suggestion box. The application of the principles of good governance needs to be improved on the principle of equality. On the principle of equality, there is no concrete program that has been implemented. In addition to the principle of participation, the Madiun City Education Office needs to add media for the community to provide input so that it can facilitate the community.
Keywords: Good Governance, Education