Penelitian
ini dilatarbelakangi dari hasil belajar siswa kelas VII tahun ajaran 2017/2018
tentang materi kesejarahan perumusan dan pengesahan UUD NRI Tahun 1945 yang
belum mencapai KKM yang telah ditentukan
yaitu 75,00 dengan rata-rata kelas 55,00.Minimnya pemahaman peserta didik kelas
VII SMP PGRI 9 Sidoarjo berdampak pada rendahnya tingkat pengetahuan tentang
materi konstitusi/UUD 1945 dan hukum.
Tujuan
dalam penelitian ini yaitu : 1).menghasilkan
kevalidan perangkat model pembelajaran Pkn, 2).menghasilkan kepraktisan
perangkat model pembelajaran PKn, 3).menghasilkan keefektifan perangkat model
pembelajaran Pkn.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan
desain model 4-D dengan modifikasi menjadi 3-D yang diadaptasi dari
Thiagarajan. Uji coba terbatas dilakukan dikelas VII-A SMP PGRI 9
Sidoarjo.Pengumpulan data dilakukan melalui teknik validasi,observasi,angket
dan instrumen pre-test-posttest.
Analisis data penelitian menghasilkan:
1).Tingkat
kevalidan perangkat silabus rata - rata sebesar 3,17, Rpp sebesar 3,28, Bas
sebesar 3,17,LKS sebesar 3,19,Kartu Soal sebesar 3,12,Kartu Jawaban 3,27 dan
Kartu Penilai 3,19 serta Soal
Pre-test rata - rata sebesar 3,22 dan
Soal Post-test sebesar 3,19.
2).Tingkat
kepraktisan keterlaksanaan rpp rata - rata sebesar 3,34,sedangkan keterbacaan
Bas rata - rata sebesar 89,63 dan Lks sebesar 90,85.
3).Tingkat
keefektifan terhadap respon siswa menunjukkan tanggapan positif rata - rata
sebesar 86,60% terhadap perangkat model pembelajaran.Aktivitas selama kegiatan
belajar mengajar dikelas menunjukkan bahwa 86,60 % siswa kelas VII-A sangat
aktif dalam mengikuti model pembelajaran make
a match. Analisis hasil belajar memperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,58 dan
menunjukkan peningkatan rata – rata kategori sedang serta nilai rata-rata pre-test
yaitu 60,09 serta nilai rata-rata post-test
yaitu 83,61.
Berdasarkan
hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat model
pembelajaran kooperatif tipe make a match
pada materi kesejarahan perumusan dan pengesahan UUD NRI Tahun 1945 guna
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A di SMP PGRI 9 Sidoarjo .Hasilnya baik
untuk diajarkan kepada siswa kelas VII secara keseluruhan.
Kata
Kunci : Pengembangan
Perangkat,Model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dan Hasil Belajar.