ABSTRAK
Watik, Yuni Sulistio. 2023. Pengembangan E-LKPD Berbasis Higher Order Thingking Skill (Hots) Menggunakan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Ips Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan Dan Upaya Mempertahankan Kemerdekaan Kelas VI SD. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D., dan (2) Dr. M. Jacky, S.Sos., M.Si.
Kata Kunci: E-LKPD, Liveworksheets, Hasil Belajar IPS
Tujuan penelitian ini menghasilkan produk E-LKPD berbasis Liveworksheets yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis Research and Development model ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Subjek penelitian terdiri dari 20 Peserta didik uji instrument tes, 6 Peserta didik kelompok kecil, 27 Peserta didik kelompok eksperimen dan 29 Peserta didik kelompok kontrol. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini ialah Quasi Experiment dengan membandingkan hasil belajar dua kelompok yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, angket, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian kevalidan E-LKPD berada pada ketegori “sangat valid” dengan presentase 84% untuk validasi ahli materi dan 87% validasi ahli media. Kepraktisan produk dilakukan dengan menyebarkan angket respon kepada Peserta didik kelompok kecil dan kelompok besar dengan presentase sebesar 83,33% untuk kelompok kecil dan 91,48% untuk kelompok besar kelas eksperimen yang masuk pada kategori “sangat praktis”. Penilaian praktis berfokus pada sejauh mana E-LKPD yang dikembangkan dapat diterapkan secara nyata dalam konteks pengajaran atau pembelajaran. Pada kelompok pretest uji N-Gain Score memperoleh nilai sebesar 0,092 yang masuk pada kategori rendah. Sedangkan pada kelompok posttest nilai kelas eksperimen mendapatkan rata-rata Ngain Score sebesar 0,72 yang masuk pada kategori tinggi. Sehingga terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen. E-LKPD ini membantu peserta didik mencapai kompetensi atau keterampilan yang diharapkan. E-LPKD ini menjadikan pembelajaran yang efektif, seperti penyajian informasi yang jelas, kegiatan interaktif, atau penilaian yang relevan. Dengan menggunakan E-LKPD didik terlibat secara aktif dan dapat memperoleh pemahaman yang baik.