Development of Body Exercise Learning E-Modules for the E
Penelitian ini merupakan pengembangan e-modul pembelajaran olah tubuh yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran olah tubuh siswa Fase E SMK Konsentrasi Keahlian Seni Tari. E-Modul yang dikembangkan benar-benar dibutuhkan, karena sebelumnya belum ada sumber belajar yang dapat membantu siswa berlatih olah tubuh secara mandiri maupun klasikal, sesuai dengan keragaman kemampuan dan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk e-modul Olah Tubuh yang layak, baik berdasarkan perspektif materi, kebahasaan, kegrafikan, kegrafikaan, serta berdasarkan kepraktisannya dari perspektif pengguna. Selain menggunakan konsep keilmuan olah tubuh dan kinesiologi, pengembangan e-modul juga menggunakan teori belajar behavioristik, kognitif sosial, konstruktivisme, dan teori belajar motorik.
Desain penelitian pengembangan ini menggunakan ADDIE. Komponen yang dianalisis adalah karakter siswa, kebutuhan olah tubuh siswa, pengetahuan dan keterampilan olah tubuh siswa, serta lingkungan belajar siswa. Data yang didapatkan dimanfaatkan untuk mengembangkan e-modul sesuai dengan kebutuhan dan karakter pengguna. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, kebahasaan, kegrafikan, dan kegrafikaan. E-modul yang telah dinyatakan layak oleh validator, diimplementasikan di Program Keahlian Seni Tari, SMK Negeri 12 Surabaya.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa proses pengembangan e-modul olah tubuh melewati dua kali revisi, karena pada draft pertama masih belum layak untuk diimplementasikan. E-Modul olah tubuh telah dinilai kelayakannya berdasarkan penilaian tim validator. Ditinjau dari isi materinya, e-modul ini mendapatkan nilai 93% (Sangat Layak). Ditinjau dari kebahasaan yang digunakan, e-modul mendapatkan nilai 97% (Sangat Layak). Ditinjau dari kegrafikan dan kegrafikaannya, e-modul mendapatkan nilai 100% (Sangat Layak). E-Modul juga memiliki nilai kepraktisan ditinjau dari penilaian pengguna, yaitu guru 96% (Sangat Layak) dan siswa 82% (Sangat Layak). E-Modul olah tubuh sangat layak diterapkan di SMK Program Keahlian Seni Tari.
This research is a development of a body movement e-module that can be used for the learning process of body movement for students in the E Phase of Vocational High School (SMK) with a concentration in Dance Arts. The developed e-module is much needed as there was previously no learning resource available to assist students in practicing body movements independently or in a classical setting, tailored to their diverse abilities and needs. The objective of this research is to develop a viable Body Movement e-module, based on material perspective, language, graphics, and usability from the user's perspective. The development of the e-module is grounded in the principles of body movement and kinesiology, while also incorporating theories of behaviorism, social cognition, constructivism, and motor learning to enhance the learning experience.
The research design utilizes the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. Various factors, such as student characteristics, their body movement needs, knowledge, skills, and the learning environment, are analyzed to tailor the e-module to their requirements and characteristics. The developed product is validated by subject matter experts in terms of material content, language usage, graphics, and usability. The validated e-module is then implemented in the Dance Arts Program at SMK Negeri 12 Surabaya.
The research findings and discussion indicate that the process of developing the body movement e-module underwent two revisions, as the initial draft was deemed inadequate for implementation. The e-module was assessed for its suitability by a validation team. In terms of content, the e-module received a score of 93% (Highly Suitable). Regarding language usage, the e-module received a score of 97% (Highly Suitable). As for graphics and usability, the e-module scored 100% (Highly Suitable). The e-module's practicality was also evaluated by users, with teachers giving a score of 96% (Highly Suitable) and students 82% (Highly Suitable). The Body Movement e-module is highly suitable for implementation in the Dance Arts Program at SMK.