Analisis Resepsi Konsumen Terhadap Live Streaming TikTok Shop di Akun Penjualan Hewan dan Tanaman
Analysis of Consumer Reception for TikTok Shop Live Streaming on Animal and Plant Seller Accounts
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi konsumen terhadap live streaming di akun hewan dan tanaman TikTok Shop. Media sosial TikTok menjadi salah satu platform yang paling diminati oleh pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang menempati peringkat kedua dalam jumlah pengguna setelah Amerika. TikTok Shop merupakan sebuah fitur inovatif baru di Indonesia dengan memberikan peluang bisnis bagi pengusaha untuk mempromosikan produk mereka. Namun, regulasi yang ketat terhadap penjualan hewan dan tanaman di TikTok Shop menimbulkan tantangan bagi pemilik usaha. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana konsumen merespon dan menginterpretesikan konten yang disajikan oleh penjual dalam live streaming TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif analisis resepsi dengan model AIDA dan teori komunikasi persuasif. Hasil dari penelitian ini yaitu konsumen pada TikTok berada di posisi dominan meskipun regulasi yang ketat, namun merasa setuju dengan kebijakan tersebut. Adapun konsumen yang berada di posisi negoisasi, konsumen merasa ragu akibat regulasi pada TikTok, akan tetapi konsumen merasa yakin setelah melakukan interaksi terhadap penjual melalui live streaming penjualan
This research aims to analyze consumer reception of live streaming on the TikTok Shop animal and plant account. TikTok social media is one of the most popular platforms for users around the world, including Indonesia, which is ranked second in number of users after America. TikTok Shop is a new innovative feature in Indonesia that provides business opportunities for entrepreneurs to promote their products. However, strict regulations regarding the sale of animals and plants on the TikTok Shop pose challenges for business owners. This research aims to understand how consumers respond and interpret the content presented by sellers in TikTok Shop live streaming. This research uses a qualitative reception analysis approach using the AIDA model and persuasive communication theory. The results of this research are that consumers on TikTok are in a dominant position despite strict regulations, but feel they agree with the policy. As for consumers who are in a negotiating position, consumers feel doubtful due to the regulations on TikTok, but consumers feel confident after interacting with sellers via live streaming sales.