Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengetahui Implementasi Ekstrakurikuler di SDN Airlangga 1/ 198 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi, penyajian data dan verifikasi data. Data kemudian diuji keabsahannya menggunakan teknik cradibility, transferability, dependability, dan confirmability.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Bentuk Partisipasi Masyarakat dalam Implementasi Ekstrakurikuler di SDN Airlangga 1/ 198 Surabaya adalah sebagai berikut: terdapat empat bentuk partisipasi yang diberikan (a) Finansial; (b) Fisik; (c) Moril; (d) Material, (2) Kendala dan Upaya Partisipasi Masyarakat dalam Implementasi Ekstrakurikuler di SDN Airlangga 1/ 198 Surabaya sebagai berikut: (a) Kendala tersebut terdapat pada hari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yaitu hari sabtu, hari sabtu merupakan hari libur sekolah dan menjadi kendala terberat bagi partisipasi masyarakat dalam implementasi ekstrakurikuler, kendala selanjutnya Kurang kepedulian wali murid dalam kegiatan ekstrakurikuler dan mengakibatkan kurangnya kepercayaan pada sekolah untuk menyelenggrakan ekstrakurikuler, dan kendala yang terakhir terdapat pada prasarana dari sekolah dalam memberikan fasilitas tempat guna menunjang implementasi ekstrakurikuler di SDN Airlangga 1/198 Surabaya; (2) Upaya dilakukan masyarakat dalam implementasi ekstrakurikuler di SDN Airlangga 1/198 Surabaya dibantu oleh sekolah dengan bantuan komite sekolah dan warga internal sekolah untuk mengatasi kendala-kendala implementasi ekstrakurikuler dengan cara mengkoordinasikan semua kegiatan sekolah termasuk ekstrakurikuler menggunakan media sosial yaitu WhatsApp dan Mediasi pada wali murid guna menyelesaikan permasalahan, dan Kendala yang terakhir terdapat pada prasarana dari sekolah dalam memberikan fasilitas tempat guna menunjang implementasi ekstrakurikuler di SDN Airlangga 1/198 Surabaya, masyarakat menggunakan fasilitas umum guna menunjang kegiatan ekstrakurikuler; (3) Dampak Partisipasi Masyarakat dalam Implementasi Ekstrakurikuler di SDN Airlangga 1/198 Surabaya, berdampak pada sekolah, wali murid, dan lingkungan masyarakat. Dampak yang diberikan berupa prestasi, perilaku, dan manfaat dari implementasi ekstrakurikuler yang diselenggarakan organisasi/kelompok lain yang ikut mengembangkan ekstrakurikuler.
Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Ekstrakurikuler.
This study aims to describe and understand the Extracurricular Implementation at SDN Airlangga 1/ 198 Surabaya. This study used to qualitative approach with the draft case study. Data collection techniques interviews, observation, and documentation. Then analyzes the data obtained by condensation techniques, data presentation and data verification. Continued with the validity test using cradibility, transferability, dependability, and confirmability techniques.
Research results show that: (1) Forms of Community Participation in Extracurricular Implementation at SDN Airlangga 1/ 198 Surabaya are as follows: there are four forms of participation given (a) Finance; (b) Physical; (c) Morale; (d) Materials, (2) The Constraints and Efforts for Community Participation in Extracurricular Implementation at SDN Airlangga 1/ 198 Surabaya as follows: (a) These obstacles occur on the day of the implementation as such Saturday, Due to Saturday is a school holiday and the toughest obstacle for community participation in extracurricular implementation, the next constraints is Lack of care from the student guardians to understand how important for students in extracurricular activities and resulting in a lack of trust in schools to implement extracurricular activities, and The last obstacle is on the infrastructure of the school in providing facilities to support extracurricular activities at SDN Airlangga 1/198 Surabaya; (b) The efforts made by the community in extracurricular implementation at SDN Airlangga 1/ 198 Surabaya were assisted by schools with the help of school committees and internal school residents to overcome obstacles to extracurricular implementation by coordinating all school activities including extracurricular using social media namely WhatsApp and Mediation on student guardians to solve problems, and the last obstacle is in the infrastructure of the school in providing place facilities to support extracurricular implementation at SDN Airlangga 1/ 198 Surabaya, the community uses public facilities to support extracurricular activities; (3) The impact of Community Participation in Extracurricular Implementation at SDN Airlangga 1/ 198 Surabaya, It has an impact on schools, student guardians, and the community environment. The impact is in the form of achievements, behaviors, and benefits of extracurricular implementation organized by other organizations /groups that participate in developing extracurricular activities.
Keywords: Community Participation, Extracurricular.