Perkembangan bahasa reseptif anggota tubuh anak autis sangat dipengaruhi oleh perkembangan bahasanya. Keterampilan bahasa yang minim dapat mempengaruhi anak autis dalam pemahaman khususnya mengenai anggota tubuh. Metode Floortime bermedia kartu bergambar anggota tubuh adalah metode pembelajaran yang bersifat santai dengan aktifitas peneliti ikut berinteraksi dengan anak menggunakan kartu bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode floortime bermedia kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anggota tubuh anak autis kelas TK Mentari School Sidoarjo. Subjek penelitian adalah anak autis kelas TK sebanyak 6.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan rancangan Pre- Experimental Design dengan jenis One – Group Pretest – Posttest Design. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes kemampuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik, dengan menggunakan rumus sign test. Hasil penelitian menunjukkan hasul nilai rata – rata pre-test 25,83 dan nilai rata – rata post-test 39,67. Sedangkan hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Zh =2,049 dan nilai kritis untuk a 5% dengan ketentuan nilai kritis ± Z ½ α = ± 1,96, maka interpretasinya adalah Zh > a .artinya ada pengaruh metode floortime bermedia kartu bergambar untuk meningkatakan kemampuan bahasa reseptif anggota tubuh anak autis di TK Mentari School Sidoarjo.
Kata kunci : Floortime, bahasa reseptif, autis
The development of autism children”s receptive language of body part was influenced by the development of the language. The minimum language skill could influence the autism children in understanding especially about part of boddy. A Floortime metod with pictorial card of body part was learning metod behaving relax with the researcher’s activity following to interact with the chuldren using pictorial card. This research had purpose to analyze the influence of floortime method with pictorial card to enhance the receptive language ability of body part to autism children in Mentari School Kindergarten Sidoarjo. The research subject was autism children of kingdergarten class numbering 6 children.
This research used the method of quantitative research with the arrangement of pre experment design and one group pretest- posttest design. The data was collected by using the teclinique of ability test. The technique of data analysis used was statistic nonparametric with sign test formula. The research result indicated that the result of pre test avarge value was 25,83 and the post test avarge value was 39,67. The result of data analysis indicated that Zh value = 2,049 and the critic value for a was 5% with the critic value provision ± Z ½ α = ± 1,96. Sp, the interpretation was Zh > a, it meant that there was influence of floortime method with pictorial card media to enhance the receptive language ability of body part to autism children in Mentari School kindergarten Sidoarjo.
Keywords: Floortime, receptive language, autism