Strategi Diversivikasi Bisnis Televisi Lokal Melalui Platform Digital (Studi Kasus Pada SBO TV)
Local Television Business Diversification Strategies Through Digital Platforms (Case Study On SBO TV)
Suroboyo Televisi atau SBO TV merupakan stasiun televisi lokal di Surabaya, Jawa Timur dan berada dibawah naungan PT. Surabaya Media Televisi serta merupakan anak perusahaan dari Jawa Pos Grup. Stasiun televisi yang berdiri pada tanggal 1 Mei 2007 ini memiliki sekitar 5 juta permirsa yang tersebar di Kota Surabaya dan beberapa kota di Jawa Timur. Kehadiran SBO TV semakin memperketat persaingan bisnis media yang ada, baik bersaing dengan sesama televisi maupun media penyiaran berbasis internet. Sehingga agar bisnisnya tetap dapat berjalan, SBO TV melakukan berbagai strategi untuk dapat bertahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mempertahankan bisnisnya dalam industri penyiaran, SBO TV melakukan strategi diversifikasi bisnis dengan membangun bisnis baru yakni digital market place dengan memanfaatkan platform digital. Strategi tersebut didukung dengan menjalankan beberapa tahap diantaranya, 1) Melakukan perubahan dari TV Berita menjadi TV Hiburan, 2) Membuat perubahan program menuju segmentasi perempuan, 3) Efisiensi dengan strategi perampingan pekerja, 4) Optimalisasi platform digital, 5) Membangun diversifikasi bisnis.
Suroboyo Television or SBO TV is a local television station in Surabaya, East Java and is under the auspices of PT. Surabaya Media Television and is a subsidiary of the Jawa Pos Group. The television station, which was established on May 1, 2007, has around 5 million viewers spread across Surabaya City and several cities in East Java. The presence of SBO TV has tightened competition in the existing media business, both competing with fellow television and internet-based broadcast media. So that in order for the business to continue running, SBO TV implements various strategies to be able to survive.
The results showed that to maintain its business in the broadcasting industry, SBO TV implemented a business diversification strategy by building new businesses, namely digital market places by utilizing digital platforms. This strategy is supported by carrying out several stages including, 1) Making changes from TV News to Entertainment TV, 2) Making program changes towards women's segmentation, 3) Efficiency with employee streamlining strategies, 4) Optimizing digital platforms, 5) Building business diversification.