Koreografi Niskala Seblang Karya Ragel Alfan di Banyuwangi
Ragel Alfans Niskala Seblang Choreography in Banyuwangi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk koreografi karya Ragel Alfan dari Banyuwangi. Niskala Seblang merupakan bentuk koreografi kelompok yang mengangkat tema ritual berbasis etnik Osing Banyuwangi. Penelitian dlakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data meliputi: studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi yaitu (triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu). Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Dalam melakukan pembahasan masalah pada penelitian ini menggunakan pendekatan konsep koreografi oleh Sal Murgiyanto dan dan konsep bentuk tari yang diungkap oleh Soedarsono. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Niskala Seblang sebagai bentuk koreografi tari kelompok yang mengangkat kehidupan tradisi ritual Seblang di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Secara koreografi Niskala Seblang disusun secara indah melalui perpaduan antar elemen pendukung bentuk tari meliputi: pola dan teknik gerak, musik tari, desain rias busana, dan property tari, yang semuanya menghasilkan gaya tari yang khas dan berkarakter, serta mengungkapkan nilai-nilai budaya daerah Banyuwangi yang bercirikhas suku Osing.
Kata Kunci: Koreografi, Niskala Seblang, Ragel Alfan.
This study aims to describe the form of choreography by Ragel Alfan from Banyuwangi. Niskala Seblang is a form of group choreography that raises the theme of rituals based on the Osing Banyuwangi ethnicity. The research was conducted using qualitative research methods and data collection techniques include: literature study, observation, interviews and documentation. Data validity was tested using triangulation (source triangulation, method triangulation, and time triangulation). Data analysis is done through data reduction, data presentation and conclusion drawing. In discussing the problems in this study using the approach of the concept of choreography by Sal Murgiyanto and the concept of dance form revealed by Soedarsono. The results of the research show: (1) Niskala Seblang as a form of group dance choreography that elevates the life of the Seblang ritual tradition in Olehsari Village, Glagah District, Banyuwangi Regency. Niskala Seblang is choreographed beautifully through a combination of supporting elements of the dance form including: movement patterns and techniques, dance music, make-up design, and dance property, all of which produce a distinctive dance style and character, and express the cultural values of the Banyuwangi region with the characteristics of the Osing tribe.
Keywords: Choreography, Niskala Seblang, Ragel Alfan