Peran Website Sebagai Sarana Branding Sekolah di Masa Pandemi Covid-19
The Role of The Website as a Medium of School Branding During The Covid-19 Pandemic
Branding sekolah merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh lembaga pendidikan dalam menawarkan brand (merek) yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membranding sekolah ialah dengan memaksimalkan peran website sekolah. Penggunaan website sekolah sendiri semakin krusial seiring dengan pembatasan tatap muka yang disebabkan wabah Covid-19. Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan peran website sekolah sebagai sarana branding sekolah di masa pandemi. Artikel ilmiah ini menggunakan metode studi literatur sebagai sumber informasi berupa data-data sekunder melalui tahap penentuan pustaka, pengumpulan dan analisi lalu penyajian hasil kajian dengan sumber rujukan 14 artikel jurnal nasional dan 11 artikel jurnal internasional dan didukung dengan sumber buku sebagai penguat argumen peneliti. Dari hasil telaah studi literatur ditemukan bahwa terdapat tiga peran website yang mendukung upaya branding sekolah, yakni : 1) Website berperan sebagai media promosi bagi sekolah dengan menyajikan informasi mengenai keunggulan sekolah dan menyampaikan dengan tampilan semenarik mungkin; 2) Website sekolah berperan sebagai media pembaharuan informasi yang bisa diakses dengan cepat dimanapun dan kapanpun; 3) Website sekolah berperan sebagai identias brand sehingga menjadi ciri khas sekolah.
Kata kunci: Website Sekolah, Branding Sekolah, Pandemi
School branding is an effort made by educational institutions in offering a brand (brand) that is unique and has its own characteristics. One of the efforts that can be made to brand schools is to maximize the role of the school website. The use of the school's own website is increasingly crucial along with face-to-face restrictions caused by the Covid-19 outbreak. The purpose of this article is to describe the role of the school website as a means of school branding during the pandemic. This scientific article uses the literature study method as a source of information in the form of secondary data through the stages of identification, evaluation, synthesis with reference sources of 14 national journal articles and 11 international journal articles and supported by book sources to strengthen the researcher's argument. From the results of the literature study, it was found that there are three roles of websites that support school branding efforts, namely: 1) Websites act as promotional media for schools by presenting information about school excellence and conveying it in the most attractive way possible; 2) The school website acts as a medium for updating information that can be accessed quickly anywhere and anytime; 3) The school website has a role to be brand identity.
Keywords: school websites, school branding, pandemic