PENGEMBANGAN MEDIA MPHYTA PEMBELAJARAN MATERI TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOJONEGORO
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran mpytha berbantuan software construct 2. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi media untuk ahli media, lembar validasi media untuk ahli materi, lembar angket respon siswa dan lembar pretest -posttest.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata nilai kevalidan 3,26 dari 4 dengan persentase 81,5% oleh ahli media dan 3,1 dari 4 dengan persentase 77,5% dari ahli materi sehingga dapat dikategorikan bahwa media pembelajaran Mpytha ini valid. Uji coba media pembelajaran ini dilakukan secara terbatas kepada 30 siswa kelas VIII-J SMP Negeri 5 Bojonegoro untuk memperoleh data dari kepraktisan (angket respon siswa) dan keefektifan media (Lembar pretest-postest) .
Hasil dari penelitian setelah media diujicoba dan dievaluasi, didapatkan bahwa media pembelajaran dinyatakan praktis dengan kategori sedang dengan nilai 2,91 atau persentase 72,9%. Kriteria efektif diperoleh dari hasil pretest-postest dinyatakan efektif dengan kategori sedang dengan nilai N-Gain 0,43.
This research aims to describe the process and results of developing mpytha learning media assisted by construct 2 software. This research is development research using the ADDIE model which consists of 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The instruments used include media validation sheets for media experts, media validation sheets for material experts, student response questionnaire sheets and pretest-posttest sheets. Based on the results of research that has been carried out, the average validity value is 3.26 out of 4 with a percentage of 81.5% by media experts and 3.1 out of 4 with a percentage of 77.5% from material experts so it can be categorized as Mpytha learning media. valid. This learning media trial was carried out on a limited basis with 30 students in class VIII-J of SMP Negeri 5 Bojonegoro to obtain data on practicality (student response questionnaire) and media effectiveness (pretest-posttest sheet). The results of the research after the media were tested and evaluated, it was found that the learning media was declared practical in the medium category with a score of 2.91 or a percentage of 72.9%. The effective criteria obtained from the pretest-posttest results were declared effective in the medium category with an N-Gain value of 0.43